Resepsi Terhadap Bacaan Ayat-Ayat Al-Quran Pada Tradisi Manaqib Di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo

IBAD, NAIMUL (2022) Resepsi Terhadap Bacaan Ayat-Ayat Al-Quran Pada Tradisi Manaqib Di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Na'imul Ibad 210417047.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ibad, Naimul. 2022. Resepsi Terhadap Bacaan Ayat-Ayat Al-Quran Pada Tradisi Manaqib Di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. M Irfan Riyadi, M.Ag.

Metode Living Quran tidaklah dimaksudkan untuk mencari kebenaran positivistik yang selalu melihat konteks, tetapi semata-mata melakukan pembacaan objektif terhadap fenomena keagamaan yang terkait langsung dengan al-Quran. Salah satu contoh fenomena Living Quran yang sampai saat ini masih dilakukan oleh sebagian umat Islam adalah bacaan ayat-ayat Al-Quran pada tradisi manaqib di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Pembacaan ayat-ayat tersebut berbeda dari pembacaan manaqib-manaqib lain, sebagai penelitian ini akan menjadi menarik dan penting. Tradisi ini dilatarbelakangi karena terdapatnya uraian dari ayat-ayat Al-Quran yang terkandung pada acara manaqib serta keyakinan tentang berbagai khasiat dari tradisi manaqib ini, antara lain seperti perlindungan, memudahkan pembentukan karakter santri dan jamaah serta ketenangan jiwa. Kegiatan ini ialah sebagai wujud dari stimulasi yang mengarah pada resepsi mengenai bacaan ayat-ayat Al-Quran yang ada di dalam tradisi manaqib. Dan dilihat dari segi praktik pelaksanaannya tentu memiliki perbedaan dengan prakrik pelaksanaan tradisi manaqib pada umumnya. Oleh karena itu untuk mengetahui gambaran secara lebih jelas tentang praktik pelaksanaan tersebut.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menjelaskan praktik pembacaan ayat-ayat Al-Quran pada tradisi manaqib di Pondok Pesantren Al-Barokah, (2) untuk menganalisis resepsi bacaan ayat-ayat Al-Quran pada tradisi manaqib di Pondok Pesantren Al-Barokah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dilanjutkan dengan pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik serta analisis data berupa pengumpulan, reduksi, penyajian, serta kesimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembacaan ayat-ayat Al-Quran pada tradisi manaqib di Pondok Pesantren Al-Barokah terdapat sejarah pembacaan ayat-ayat Al-Quran, rangkaian praktik pembacaan tradisi manaqib dan manfaat pembacaan ayat-ayat Al-Quran pada tradisi manaqib di Pondok Pesantren Al-Barokah. (2) Resepsi pada pembacaan ayat-ayat Al-Quran pada tradisi manaqib di Pondok Pesantren Al-Barokah yaitu antara lain: mempermudah urusan, menghindarkan diri dari penyakit dan musibah, menjaga diri dari gangguan setan serta untuk ketenangan hati dan lain sebagainya. (3) Fungsi pembacaan ayat-ayat Al-Quran pada tradisi manaqib di Pondok Pesantren Al-Barokah memiliki 3 fungsi yaitu: kesatuan fungsional masyarakat, fungsionalisme universal dan indispensabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:08
Last Modified: 21 Nov 2022 07:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21264

Actions (login required)

View Item View Item