Implementasi Metode Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas VII (PTK Mts Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Tahun 2021-2022)

Lutfianata, Nella Wahyu (2022) Implementasi Metode Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas VII (PTK Mts Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Tahun 2021-2022). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180166_NELLA WAHYU LUTFIANATA_PAI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran seharusnya memiliki tujuan untuk membentuk siswa yang tidak hanya pandai dalam teori, tetapi juga dapat mengamalkan ilmunya dalam kehidupannya. Hal ini dapat diwujudkan melalui metode pembelajaran yang menarik yang disampaikan oleh guru agar materi tersebut dapat teringat dengan baik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa kelas VII MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Berdasarkan observasi yang sudah dilakukan, telah didapatkan data motivasi belajar bahwa motivasi belajar siswa masih rendah sebesar 48,68% hasil persentase ini belum ada setengah dari jumlah siswa keseluruhan. Hal ini menyebabkan seorang guru mata pelajaran SKI harus mampu untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan metode jigsaw.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana besaran peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan pelaksanaan metode pembelajaran Jigsaw.
Pendekatan ini menggunakan jenis metode penelitian tindakan kelas. Penenelitian ini dilakukan dengan beberapa siklus diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Al-Ishlah Bungkal yang berjumlah 18, dengan rincian 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Berdasar analisis data, ditemukan bahwa metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi motivasi belajar siswa VII MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Pada pra siklus persentase motivasi belajar siswa sebesar 48,68%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 65,27% dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 79,11%. Meningkatnya motivasi belajar juga terlihat pada kesepuluh indikator yang telah tersedia, seperti tekun menghadapi tugas, keinginan dan keberanian serta kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan persiapan, proses dan kelanjutan belajar, penampilan berbagai usaha belajar dalam menjalani dan menyelesaikan kegiatan belajar sampai mencapai hasil, lingkungan belajar yang kondusif, sehingga memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, adanya harapan dan cita-cita masa depan, ulet menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa), lebih senang belajar mandiri, dapat mengerjakan tugas dengan baik, dan dapat berpendapat dan mempertahankan pendapatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:51
Last Modified: 21 Nov 2022 06:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21261

Actions (login required)

View Item View Item