Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Serial Film Kartun Nussa dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah

Normafitria, Laventy Bina (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Serial Film Kartun Nussa dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180065_Laventy Bina Normafitria_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Normafitria, Laventy Bina. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Serial Film Kartun Nussa dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ika Rusdiana, M.A.
Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Karakter Ketuhanan, Karakter Personal, Karakter Sosial, Serial Film Kartun Nussa, Materi Akidah Akhlak MI

Pada masa sekarang ini, perkembangan dan kemajuan teknologi tampak semakin pesat. Hal tersebut, menyebabkan keleluasaan dalam mengaksesnya yang tidak hanya dinikmati orang dewasa saja, namun juga anak-anak. Hal ini, berdampak pada fenomena yang terjadi dalam masyarakat, khususnya dalam dunia pendidikan yaitu di tandai dari kondisi moral atau akhlak generasi muda yang rusak. Salah satu upaya dalam mengatasinya yaitu melalui penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada anak. Hal ini, pemanfaatan film sebagai media pembelajaran merupakan salah satu cara menanamkan nilai pendidikan karakter pada anak. Serial film kartun Nussa pada episode Compilation Vol. 15 adalah serial film kartun yang cocok untuk mengatasi permasalahan ini karena banyak menyuguhkan berbagai cerita yang mengandung nilai-nilai kebaikan dan berunsur islami.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter ketuhanan dalam serial film kartun Nussa dan relevansinya dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. (2) untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter personal dalam serial film kartun Nussa dan relevansinya dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. (3) untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter sosial dalam serial film kartun Nussa dan relevansinya dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (Library Research). Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer berupa serial film kartun Nussa yang ada di channel Youtube Nussa Official pada episode Compilation Vol. 15 dan data sekunder berupa jurnal penelitian dan buku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi (studi dokumenter) dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi atau content analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai karakter ketuhanan dalam serial film kartun Nussa yaitu Iman kepada Allah, Iman kepada Nabi dan Rasul, dan Iman kepada Qada’dan Qadar. Sedangkan, Nilai-nilai karakter ketuhanan yang relevan dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah meliputi Rukun Iman, Kalimat thayyibah Basmallah, Kalimat thayyibah (Hamdalah), Allah Pencipta Alam, Kalimat thayyibah (Assalamu’alaikum), Mengenal Nabi dan Rasul, Akhlak Terpuji Nabi dan Rasul, dan Indahnya Beriman Kepada Qada’ dan Qadar Allah. (2) Nilai-nilai karakter personal dalam serial film kartun Nussa yaitu Jujur; Bertanggungjawab; Bergaya hidup sehat; Disiplin; Kerja keras; Percaya diri; Berjiwa wirausaha; Berpikir logis, kritis, logis, kreatif dan inovatif; Mandiri; Ingin tahu; Cinta ilmu. Sedangkan, Nilai-nilai karakter personal yang relevan dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah meliputi Hidup Bersih, Kasih Sayang dan Hidup Rukun; Adab Mandi dan Berpakaian; Hidup Kotor; Adab Belajar dan Bermain; Berakhlak Mulia dan Beradab Secara Islami; Akhlak Terpuji dan Beradab secara Islami (Jujur dan Percaya diri dan Adab Belajar); Berhias Diri dengan Akhlak Terpuji. (3) Nilai-nilai karakter sosial dalam serial film kartun Nussa yaitu Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, Patuh pada aturan-aturan sosial, Menghargai karya dan prestasi orang lain, Santun, dan Demokratis. Nilai-nilai karakter sosial yang relevan dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah meliputi Akhlak Tercela; Akhlak Terpuji 1; Rukun dan Tolong menolong; Akhlakul karimah Terhadap Saudara; Hormat dan Patuh; Indahnya Berperilaku Terpuji; Indahnya Berperilaku Terpuji 3; Mari Membina Keharmonisan dengan Tetangga dan Masyarakat; Besarnya Manfaat Berakhlak Terhadap Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:50
Last Modified: 21 Nov 2022 06:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21260

Actions (login required)

View Item View Item