Problematika Guru dalam Pembelajaran Fiqih pada Masa Transisi di MTsN 1 Madiun

Handriyanto, Hafis (2022) Problematika Guru dalam Pembelajaran Fiqih pada Masa Transisi di MTsN 1 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HAFIS HANDRIYANTO 201180092 ETHESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Problematika yang sering dialami oleh guru dalam proses pembelajaran umumnya berkaitan dengan dengan tugas pokoknya sebagai pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar seperti media pembelajaran, strategi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pada setiap proses pembelajaran pasti akan menemukan problematika di dalamnya baik itu problematika dari penyampaian materi, siswa dan guru. Diberlakukannya sistem pembelajaran luring setelah dilaksanakan secara online (daring) berdampak pada kurang efektifnya pembelajaran yang dilaksanakan pendidik dan peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung. Peserta didik masih terbawa suasana pembelajaran daring sehingga cenderung menjadi pendiam. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan strategi, media dan evaluasi pembelajaran yang tepat dan cocok agar peserta didik menjadi semangat dan memperhatikan proses pembelajaran berlangsung.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui problematika guru pada penggunaan media pembelajaran Fiqih masa transisi di MTsN 1 Madiun, Untuk mengetahui problematika guru pada penerapan strategi pembelajaran Fiqih masa transisi di MTsN 1 Madiun dan Untuk mengetahui problematika guru dalam evaluasi pembelajaran Fiqih masa transisi di MTsN 1 Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala Madrasah, guru mata pelajaran Fiqih dan siswa MTsN 1 Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Problematika yang dihadapi guru pada penggunaan media pembelajaran Fiqih pada masa transisi yaitu dalam penggunaan media pembelajaran guru kurang maksimal, terbatasnya waktu. (2) Problematika yang dihadapi guru pada penggunaan strategi pembelajaran Fiqih pada masa transisi yaitu terbatas oleh waktu sehingga guru kesulitan menggunakan strategi yang diterapkan. (3) Problematika yang dihadapi guru dalam evaluasi pembelajaran Fiqih pada masa transisi yaitu mengalami kesulitan dalam mengevaluasi pembelajaran, kesulitan guru dalam menentukan materi dalam waktu yang singkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aries Fitriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:47
Last Modified: 21 Nov 2022 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21246

Actions (login required)

View Item View Item