Strategi Santri Dalam Mengembangkan Kemampuan Public Speaking Melalui Muhadharah Di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Jenangan Ponorogo

Abror, Rahmatur Rafidah (2022) Strategi Santri Dalam Mengembangkan Kemampuan Public Speaking Melalui Muhadharah Di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload skripsi di ETHESES part 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren adalah lembaga keagamaan, yang memberikan pendidikan dan pengajaran serta mengembangkan dan menyebarkan agama Islam. Untuk mencapai hal itu, pelajaran agama mutlak adanya, lebih dari itu disana juga menempa santri agar mampu melaksanakan dan menyampaikan ajaran islam secara baik. Di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut menggunakan pembelajaran muhadlarah untuk meningkatkan public speaking santri, yang bertujuan agar para santri dapat menyampaikan ajaran islam dengan baik.
Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti strategi yang digunakan dalam pembelajaran muhadlarah sebagai upaya untuk meningkatkan public speaking santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dengan pendekatan penelitian studi kasus milik Creswell. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) mendeskripsikan bentuk muhadharah yang dilakukan di pondok pesantren Sunan Kalijaga Puyut Jenengan Ponorogo, (2) menjelaskan strategi yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan piblic speaking santri saat muhadlarah di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Jenangan Ponorogo, (3) menganalisis dampak muhadlarah terhadap kemampuan dakwah santri Sunan Kalijaga Puyut Jenangan Ponorogo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan muhadlarah di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Jenangan Ponorogo terbagi menjadi 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap action, dan tahap evaluasi. Dalam tahap-tahap ini yang perlu dilakukan adalah pembuatan jadwal dan pembagian petugas. (2) strategi yang digunakan oleh santri Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut ada 3 metode yaitu; menghafal, manuscript dan menjabarkan kerangka. (3) dengan adanya kegiatan muhadlarah di Pondok pesantren Sunan Kalijaga Puyut dapat mengasah mental santri dalam mengendalikan rasa demam panggung, lebih percaya diri dan juga lebih bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri M.A.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:41
Last Modified: 21 Nov 2022 06:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21226

Actions (login required)

View Item View Item