Fashion Style Ustadzah Sebagai Komunikasi Nonverbal Di Pondok Pesantren Al-Iman Putri

Majidah, Ismi Qomariyatul (2022) Fashion Style Ustadzah Sebagai Komunikasi Nonverbal Di Pondok Pesantren Al-Iman Putri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI e-theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fashion Style menjadi bahasan yang menarik seputar Komunikasi Nonverbal. Seseorang akan lebih memperhatikan penampilannya saat mengetahui bahwa pakaian yang mereka kenakan dapat menginterpretasikan diri mereka serta menunjukkan karakteristik dan kepribadian mereka. Tanpa adanya pengetahuan tentang makna fashion seseorang akan salah dalam mengenali orang lain, kesalahan dalam menilai karakteristik dan kepribadian seseorang akan berdampak buruk dalam hubungan berinteraksi mereka. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang fashion style ustadzah di Pondok Pesantren Al-Iman Putri Ponorogo sebagai Komunikasi Nonverbal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan obeservasi. Analisis dalam penelitian ini dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mendeskripsikan bentuk- bentuk Fashion Style yang dipakai ustadzah di Pondok Pesantren Al-Iman Putri Ponorogo. 2) Untuk menjelaskan tujuan penggunaan Fashion Style ustadzah di Pondok Pesantren Al-Iman Putri Ponorogo. 3) Untuk menganalisis pemaknaan Fashion Style yang dipakai ustadzah sebagai sarana Komunikasi Nonverbal di Pondok Pesantren Al-Iman Putri Ponorogo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk-bentuk fashion style yang dipakai oleh ustadzah Pondok Pesantren Al-Iman Putri Ponorogo termasuk pada gaya Modest Konvensional, yaitu dengan menggunakan busana sopan yang menutup aurat selain pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan muka serta tidak menggunakan pakaian yang ketat membentuk tubuh. 2) Ustadzah Pondok Pesantren Al-Iman Putri menggunakan fashion style dengan tujuan: lebih mudah dikenali, menyampaikan bentuk ekspresi diri, dan tujuan keindahan. 3) Komunikasi Nonverbal melalui fashion style ustadzah Pondok Pesantren Al-Iman Putri Ponorogo dianggap efektif karena menghasilkan hasil komunikasi. Dan dari fashion style yang ditampilkan, mereka berusaha menyampaikan identitas dirinya, karakter, kelas dan kelompoknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:39
Last Modified: 21 Nov 2022 06:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21218

Actions (login required)

View Item View Item