Strategi Dakwah Ustadz Syamsuddin Nur Makka Pada Akun @Syam_Elmarusy

Islamuvida, Zulaytifatul (2022) Strategi Dakwah Ustadz Syamsuddin Nur Makka Pada Akun @Syam_Elmarusy. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi vida perpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media sosial menjadi komunikasi yang efektif dalam kehidupan sehari-hari, membawa dampak perubahan terhadap dakwah dimasyarakat yang dilakukan melalui ranah virtual. Tik Tok merupakan salah satu platform video musik dan jejaring media sosial. Dakwah di Tik Tok menggunakan video yang menarik, konsisten dan memperhatikan kreativitas agar dakwah tidak monoton dan membosankan. Akun @syam_elmarusy adalah salah satu akun yang menyebarkan konten dakwah melalui Tik Tok. Melalui akun tersebut ustadz Syam menawarkan dakwah yang menarik bagi pengguna media sosial. Pengikut dan khalayak akun @syam_elmarusy merupakan anggota dan komunitas virtual tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Strategi Dakwah Ustadz Syamsuddin Nur Makka Pada Akun Tik Tok @Syam_Elmarusy. (2) efektivitas dakwah yang disampaikan akun @syam_elmarusy melalui media Tik Tok terhadap masyarakat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi dakwah yang digunakan ustadz Syam yaitu dakwah bil lisan, dakwah bil qalam, dan dakwah bil hal. Akun @syam_elmarusy membawakan konten dengan bahasa gaul dan mudah dipahami oleh khalayak, membawakan tema yang menarik, serta diselingi dengan humor dan gaya berpakaian yang modern seperti generasi muda saat ini berhasil menarik penonton untuk terus menonton konten akun @syam_elmarusy. (2) Faktor-faktor yang membuktikan efektivitas dakwah pada akun @syam_elmarusy yakni pertama, dapat dilihat dari tingginya viewers pada akun @syam_elmarusy, hal ini menunjukkan bahwa dakwah yang disampaikan oleh ustadz Syam menarik minat khalayak untuk selalu didengarkan dan membantu menjawab persoalan-persoalan yang sedang diresahkan oleh masyarakat . Kedua, banyaknya jumlah komentar pada akun @syam_elmarusy juga dapat membuktikan, jika terdapat feedback dari mad’u pada proses dakwah yang dilakukan oleh ustadz Syam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:38
Last Modified: 21 Nov 2022 06:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21217

Actions (login required)

View Item View Item