Pengaruh Kegiatan Pembacaan Manāqib Syaikh Abdul Qadir Al Jailani Terhadap Kecerdasan Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur'an Al-Muqorrobin

Rohmawati, Hayfa (2022) Pengaruh Kegiatan Pembacaan Manāqib Syaikh Abdul Qadir Al Jailani Terhadap Kecerdasan Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur'an Al-Muqorrobin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HAYFA NEW.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rohmawati, Hayfa. 2022. Pengaruh Kegiatan Pembacaan Manāqib Syaikh AbduL Qadir Al Jailani Terhadap Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Al-Muqorrobin. Skripsi, Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Muhamad Nurdin, M.Ag.

Kata kunci : Manāqib Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dan Kecerdasan Spiritual
Agama merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting dalam kehidupan. Karena agama merupakan suatu bentuk pengabdian, yang mana bentuk takwa manusia kepada Allah SWT. agama memang mengandung ikatan yang harus dipegang dan dipatuhi oleh umat manusia. Ikatan tersebut mempunyai pengaruh besar terhadap keseharian manusia. Ikatan tersebut mempunyai kekuatan yang tinggi di dunia, yang mana kekuatan tersebut adalah kekuatan ghaib yang tidap dapat dilihat langsung oleh panca indra manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Al-Muqorrobin dan seberapa besar pengaruh kegiatan pembacaan manāqib Syaikh Abdul Qadir Al Jailani terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur'an Al-Muqorrobin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam peneltian ini berjumlah 78 responden dari 310 santri di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Al-Muqorrobin. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner atau angket. Sedangkan untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Al-Muqorrobin yaitu sebanyak 78 santri yaitu tergolong dalam kategori /tingkat sedang yaitu sebanyak 60 (76,92%) santri. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan manāqib Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dan kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur'an Al-Muqorrobin. Adapun hasil dari pengaruh kegiatan manāqib Syaikh Abdul Qadir Al Jailani diketahui hasil dari perhitungan menggunakan spss yaitu rhitung sebesar 0,985 dengan nilai sig 0,000. Dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 maka dengan begitu diketahui rtabel 0,532. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa rhitung > rtabel sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan begitu berpengaruh signifikan antara kegiatan pembacaan manāqib Syaikh Abdul Qadir Al Jailani dan kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur'an Al-Muqorrobin. Kategori sedang didapatkan dari hasil statistika dengan menggunakan klasifikasi standar deviasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:29
Last Modified: 21 Nov 2022 06:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21201

Actions (login required)

View Item View Item