Konsep Isti’adzah Menurut Kh. Bisri Musthofa Dalam Tafsir Al-Ibriz

Rohmah, Dewi Qoni'atur (2022) Konsep Isti’adzah Menurut Kh. Bisri Musthofa Dalam Tafsir Al-Ibriz. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD E-THESES (Qoni).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rohmah, Dewi Qoni’atur. 2022. Konsep Isti’a>dzah menurut KH. Bisri Musthofa dalam Tafsir Al-Ibriz. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddinn Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmad Munir, M.Ag.
Kata Kunci: Isti’a>dzah, Tafsir Al-Ibriz, Bisri Musthofa
Isti’a>dzah merupakan salah satu karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang mukmin, karena isti’a>dzah merupakan bentuk permohonan perlindungan kepada Allah. Dengan beristi’a>dzah seseorang akan merasakan sebuah keamanan dan merasa terlindungi, karena telah melakukan perlindungan kepada suatu hal yang bisa melindungi dirinya dari hal-hal buruk yang membahayakan dirinya, apalagi manusia yang dirinya merasa lemah dan membutuhkan suatu perlindungan dari godaan yang mengancam dirinya. Dan secara umum isti’a>dzah diperintahkan kepada seluruh hamba-Nya untuk memohon perlindungan kepada Allah dari hal-hal buruk yang menimpa dirinya.
Penelitian ini berusaha mengungkap isti’a>dzah dalam pandangan KH. Bisri Musthofa dalam kitab Tafsir Al-Ibriz. Penelitian ini memfokuskan pada bentuk-bentuk pengungkapan isti’a>dzah dalam Al-Qur’an, apa metode yang digunakan KH. Bisri Musthofa dalam menafsirkan ayat-ayat isti’a>dzah, bagaimana penafsiran KH. Bisri Musthofa terhadap ayat-ayat isti’adzah, dan bagaimana analisis ayat-ayat isti’a>dzah terhadap kehidupan saat ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode analisis teks dengan pendekatan deskriptif.
Hasil penelitian ini, bahwa isti’a>dzah merupakan suatu kewajiban seorang hamba utnuk selalu memohon perlindungan kepada Allah., karena Allah merupakan tempat muaranya segala permohonan. Isti’a>dzah diperintahkan kepada semua hamba-Nya untuk memohon perlindungan dari-Nya. KH. Bisri Musthofa dalam menafsirkan isti’a>dzah sesuai dengan kehidupan saat ini. Dimana masyarakat banyak yang memohon perlindungan kepada selain Allah dikarenakan adat istiadat dan rasa ketakutan yang berlebih. Oleh karena itu sesuai dengan konsep isti’a>dzah yang dijelaskan dalam Al-Qur’an isti’adzah merupakan bentuk ketauhidan dan upaya memohon perlindungan dari segala macam bentuk kejahatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:28
Last Modified: 21 Nov 2022 06:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21199

Actions (login required)

View Item View Item