Pesan Dakwah Dalam Iklan Ponds Beauty – Fighting Hijab (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Mustajib, Abdul Wafi (2022) Pesan Dakwah Dalam Iklan Ponds Beauty – Fighting Hijab (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211016046_ABDUL WAFI MUSTAJIB_KPI B.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mustajib, Abdul Wafi 2022. Pesan Dakwah Dalam Iklan Ponds Beauty – Fighting Hijab
Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini, M.Kom.I.

Kata Kunci : Pesan Dakwah, Iklan Ponds Beauty – Fighting Hijab, Analisis Semiotika
Iklan atau periklanan adalah bentuk komunikasi untuk pemasaran dan digunakan untu mendorong, membujuk atau memanipulasi penoton (pemirsa, pembaca atau pendengar atau kadang kelompok tertentu) untuk melanjutkan atau mengambil beberapa tindakan baru. Dalam salah satu iklan produk milik Ponds Beauty – Fighting Hijab memuat representasi perempuan muslimah cantik. Secara tampilan visual, iklan ponds tersebut menampilkan gadis cantik yang memiliki keinginan untuk menjadi petinju. Perempuan tersebut sebagai model perempuan muslimah cantik sejalan dengan konsep ponds yang merupakan produk kosmetik yang halal yang ditunjukkan untuk kaum perempuan muslim.
Berdasarkan latar belakang peneliti bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah dalam iklan ponds, untuk mengetahui makna denotasi dan konotasi pada iklan ponds beauty. Peelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, analisis simiotika roland barthes. Sumber data yang digunakan penulis adalah dokumentasi berupa video tayangan iklan kosmetik ponds beauty di media youtube. Untuk pengumpulan data ialah melihat iklan video ponds beauty, mengamati adegan dan percakapan yang terjadi, pengambila gambar dengan cara screen capture.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pesan dakwah iklan Ponds Beauty Fighting Hijab sebagai berikut : (1) tanda denotasi (2) konotasi (3) pesan dakwah (4) aqidah (5) syariah (6) akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:19
Last Modified: 21 Nov 2022 06:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21193

Actions (login required)

View Item View Item