(file kosong..silakan upload ulang)..IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU MAGETAN

Khoirunnisa, Lutfiyah (2022) (file kosong..silakan upload ulang)..IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khoirunnisa, Lutfiyah. 2022. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Muslimat NU Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Tirta Dimas Wahyu Negara, M.Pd.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Kemampuan Kognitif, AUD

Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang mengembangkan pengetahuan berpikir ilmiah anak yang menuju pada salah satu ranah aspek kemampuan kognitif. Di TK Muslimat NU Magetan peserta didik termasuk banyak dan ada beberapa yang mengalami keterlambatan kemampuan kognitif sehingga untuk membantu peserta didik dari pihak sekolah menerapkan pembelajaran melalui pendekatan saintifik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui langkah pendekatan saintifik di TK Muslimat NU Magetan 2) mengetahui faktor pendukung penerapan pendekatan saintifik di TK Muslimat NU Magetan 3) mengetahui faktor penghambat penerapan pendekatan saintifik di TK Muslimat NU Magetan 4) mengetahui dampak penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Muslimat NU Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, guru kelas B dan peserta didik kelas B di TK Muslimat NU Magetan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pendekatan saintifik ada beberapa langkahnya yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengomunikasikan. 2) faktor pendukung dalam menerapkan pendekatan saintifik berasal dari pendidik (pemahaman), peserta didik (keaktifan dan kenyamanan), sarana dan prasarana (fasilitas). 3) faktor penghambat dalam menerapkan pendekatan saintifik berasal dari pendidik (pengelolaan kelas), peserta didik (tingkat kemampuan) dan waktu yang lama. 4) dampak penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan kognitif berjalan sesuai harapan. Dapat dilihat pencapaian indikator 58,3% dengan hasil BSH dan 41,7% dengan hasil BSB. Dengan demikian pendekatan saintifik mempunyai dampak kemajuan yang baik dan membantu meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik kelas B TK Muslimat NU Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara, M.Pd.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:25
Last Modified: 21 Nov 2022 06:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21192

Actions (login required)

View Item View Item