Edukasi Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Madiun Dalam Membangun Budaya Menabung Masyarakat Pedesaan

Prastiwi, Dwi (2022) Edukasi Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Madiun Dalam Membangun Budaya Menabung Masyarakat Pedesaan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180024_Dwi Prastiwi_Perbankan Syariah.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun melakukan edukasi kepada masyarakat dengan cara sosialisasi atau edukasi langsung, melalui media brosur dan media sosial. Edukasi sangat diperlukan oleh seluruh masyarakat untuk tata kelola ekonomi yang syariah. Berdasarkan hasil wawancara pendahuluan, Bank Muamalat KCP Madiun melakukan edukasi ke lembaga-lembaga Islam yang ada di Madiun dan sasaran edukasi dominan dilakukan di wilayah kota, sehingga untuk mencapai ke lapisan masyarakat pedesaan masih kurang. Oleh karena itu, sasaran edukasi perlu diperluas hingga ke masyarakat pedesaan dan meninjau kembali edukasi yang tepat untuk menumbuhkan budaya menabung pada masyarakat pedesaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk kegiatan edukasi Bank Muamalat KCP Madiun kepada masyarakat, faktor yang mendorong pelaksanaan edukasi, dan dampak edukasi bank terhadap jumlah tabungan dari masyarakat pedesaan. Jenis penelitian ini adalah field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, kemudian dianalisis dengan cara diawali memaparkan data hasil wawancara kemudian dibandingkan dengan teori para ahli atau teori dari jurnal ilmiah terkait topik penelitian, kemudian dianalisis dan diakhiri dengan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, bentuk kegiatan edukasi yang dilakukan Bank Muamalat KCP Madiun ada 3 yaitu, sosialisasi, media brosur dan media sosial. Sosialisasi dilakukan di lembaga islam dan non islam. Materi edukasi yang disampaikan adalah konsep dasar ekonomi syariah, perbedaan bank syariah dan bank konvensional, akad-akad yang digunakan dalam lembaga keuangan syariah serta produk perbankan syariah. Untuk edukasi melalui media brosur, diberikan saat sosialisasi, pada saat bank melakukan stand promosi, dan pada saat nasabah datang ke bank melakukan pembukaan rekening. Untuk edukasi melalui media sosial dilakukan pada akun facebook, instagram, twitter, youtube dan website resmi Bank Muamalat Indonesia. Faktor yang mendorong pelaksanaan edukasi adalah faktor lingkungan masyarakat, faktor tujuan bank dan faktor promosi. Dampak kegiatan edukasi yang sudah dilaksanakan Bank Muamalat KCP Madiun adalah masyarakat dapat mengenal bank syariah terutama Bank Muamalat Indonesia dan mendapat pengetahuan tentang produk-produk bank syariah. Selain itu, bank mengalami peningkatan jumlah rekening tabungan, khususnya tabungan ib hijrah dan tabungan haji dengan persentase 60% berasal dari masyarakat pedesaan yaitu dari kalangan pondok pesantren dan lembaga pendidikan yang ada di desa. Sasaran edukasi perlu ditingkatkan lagi kepada masyarakat desa, karena banyak wilayah desa yang belum terjangkau oleh Bank Muamalat Madiun dan masyarakat desa juga membutuhkan bank syariah untuk transaksi ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:24
Last Modified: 21 Nov 2022 06:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21189

Actions (login required)

View Item View Item