Nilai Karakter Jujur Dalam Novel Guru Aini Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Tingkat Sekolah Dasar

Oktavia, Eva Widya (2022) Nilai Karakter Jujur Dalam Novel Guru Aini Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180046 Eva Widya Oktavia PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Oktavia, Eva Widya. Nilai Karakter Jujur Dalam Novel Guru Aini dan Relevansinya terhadap Pendidikan Karakter Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Dedi Hasnawan, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter Jujur, Novel Guru Aini, Karakter Anak Sekolah Dasar
Penanaman karakter sejak usia kanak-kanak sangat penting dilakukan untuk membentuk karakter seseorang. Seperti kita ketahui, saat ini Indonesia marak terjadi kasus korupsi yang diakibatkan oleh oknum-oknum yang tidak memiliki karakter jujur. Kejujuran menjadi perilaku yang sangat penting dalam mencegah perilaku korupsi, sehingga sangat penting perilaku atau sikap jujur ditanamkan sejak usia dini. Pendidikan karakter harus dilakukan sejak dini pada anak-anak dan karakter mereka akan terlihat ketika mereka sudah tumbuh dewasa. Penanaman pondasi anti korupsi anak khususnya karakter jujur harus ditanamkan sedari kecil, salah satunya melalui pendidikan yang ada di sekolah. Adapun salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menanamkan nilai karakter jujur melalui media novel. Adapun salah satu novel yang memiliki kandungan nilai karakter yaitu novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Novel ini mengandung banyak nilai-nilai karakter bangsa yang dapat diterapkan dan dijadikan teladan bagi peserta didik SD/MI yang saat ini jarang ditemukan dalam buku-buku pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan nilai karakter jujur yang terdapat dalam novel Guru Aini, dan (2) merelevansikan nilai karakter jujur terhadap karakter siswa sekolah dasar dalam novel Guru Aini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik dokumeter. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Sumber data primer yang digunakan, yaitu novel Guru Aini karya Andrea Hirata dan sumber data sekunder yang digunakan, yaitu beberapa jurnal, buku dan artikel yang berkaitan dengan karakter jujur dan karakter siswa sekolah dasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai karakter jujur yang terkandung dalam novel Guru Aini yaitu terdapat 11 data dan terbagi dalam beberapa macam yaitu: 2 nilai jujur dalam niat, 6 nilai jujur dalam perkataan, dan 3 nilai jujur dalam perbuatan. (2) Nilai karakter jujur yang terdapat dalam novel Guru Aini relevan dengan pendidikan karakter siswa SD/MI, yaitu (a) tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan, (b) mengatakan sesungguhnya apa yang terjadi atau apa yang dialami, (c) mau mengakui kesalahan dan kekeliruan, (d) mengemukakan pendapat sesuai dengan yang diyakini, (e) mengemukakan ketidaknyamanan belajar yang dirasakan di sekolah, (f) berani menjawab pertanyaan dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dedi Hasnawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:18
Last Modified: 21 Nov 2022 06:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21179

Actions (login required)

View Item View Item