Dampak Kekerasan Verbal Terhadap Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Usia Sekolah Dasar (Studi kasus di Desa Carat Kauman)

Siwi, Galuh Perwita (0011) Dampak Kekerasan Verbal Terhadap Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Usia Sekolah Dasar (Studi kasus di Desa Carat Kauman). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Galuh 2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagian orang tua terkadang masih belum menyadari dampak dari kekerasan verbal. Mereka seringkali saat marah mengeluarkan perkataan kasar yang dapat membawa dampak bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kekerasan verbal dan dampak kekerasan verbal terhadap pembentukan kepercayaan diri yang dilakukan oleh orang tua di Desa Carat Kauman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk penelitian studi kasus. Dan menggunakan teknik observasi,wawancara,dan doumen. Melibatkan empat subyek orangtua dan empat subyek anak usia sekolah dasar yang sesuai dengan kriteria sebagai subyek penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat orang tua melakukan kekerasan verbal seperti memarahi dan membanding-bandingkan anak dengan temannya, memarahi dan mengancam ,membentak dan memanggil anak dengan panggilan yang buruk, memarahi dan menghina anak . Dampak yang terjadi akibat orang tua melakukan kekerasan verbal yaitu anak akan tumbuh menjadi pribadi dengan berbagai macam gangguan psikologis, terhambatnya perkembangan anak secara sosial dan emosional, hilangnya kemampuan anak untuk bertindak, anak-anak tumbuh dengan rasa rendah diri dan konsep diri yang rendah. Anak-anak merasakan dampak kekerasan verbal yang dilakukan orang tua terhadap mereka yaitu anak kurang percaya diri yang ditunjukkan dengan mereka takut dan cemas saat bertemu orang lain, menjadi pemalu,kurang bersosialisasi, kurang kemampuan bertindak, merasa rendah diri dan konsep diri yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:17
Last Modified: 21 Nov 2022 06:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21178

Actions (login required)

View Item View Item