Analisis Faktor Rendahnya Pertumbuhan Volume Pembiayaan Musyarakah Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Rifa'i, Agus Achmad (2022) Analisis Faktor Rendahnya Pertumbuhan Volume Pembiayaan Musyarakah Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210816106_Agus Achmad Rifa'i_PS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Rifa’i, Agus Achmad. Analisis Faktor Rendahnya Pertumbuhan Volume Pembiayaan Musyarakah Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Skripsi. 2022. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Hj. Ely Masykuroh, SE., M.SI.
Kata Kunci: Pertumbuhan, Musyarakah, Strategi.
Mayoritas pembiayaan syariah saat ini masih didominasi oleh pembiayaan murabahah. Pembiayaan murabahah dengan skema jual beli tidak seharusnya menjadi produk primer. Seharusnya yang menjadi produk utama dalam pembiayaan syariah ialah mudharabah dan musyarakah. Hal ini dikarenakan dalam akad mudharabah dan musyarakah menerapkan prinsip syirkah atau kerjasama yang dianjurkan dalam Al-Qur’an dan hadist. Tetapi pada kenyataannya pembiayaan mudharabah dan musyarakah tumbuh dengan lambat, tidak seperti pembiayaan murabahah yang tumbuh dengan cepat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa faktor yang mempengaruhi rendahnya pertumbuhan volume pembiayaan musyarakah pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo ?, Bagaimana strategi BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dalam meningkatkan pertumbuhan volume pembiayaan musyarakah ?, dan Bagaimana dampak dari strategi BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dalam meningkatkan pertumbuhan volume pembiayaan musyarakah ?. Dengan tujuan untuk mengetahui apa faktor yang menyebabkan rendahnya pertumbuhan volume pembiayaan musyarakah, strategi apa yang telah digunakan BPRS untuk meningkatkan volume pembiayaan musyarakah dan untuk mengetahui dampak dari penerapan strategi yang digunakan oleh BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif. Data dan sumber data diperoleh dari pihak PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Serta dalam menganalisis data menggunakan metode deduktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rendahnya pertumbuhan volume pembiayaan musyarakah pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal muncul dari tingginya risiko, SDI kurang memadai, rendahnya inovasi produk, dan terjadi ketidakseimbangan informasi. Sementara faktor eksternal berasal dari adanya moral hazard, rendahnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat, dan kurangnya dukungan dari pemerintah. Sementara itu strategi BPRS dalam meningkatkan pertumbuhan volume pembiayaan musyarakah yaitu dengan melakukan menarik minat nasabah, meningkatkan kualitas SDI, dan melakukan sosialisasi pada masyarakat. Serta dampak dari penerapan strategi yang dilakukan oleh BPRS masih belum mampu meningkatkan pertumbuhan volume pembiayaan musyarakah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:16
Last Modified: 21 Nov 2022 06:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21177

Actions (login required)

View Item View Item