Antusiasme Jamaah Manakib Al-Barokah Terhadap Ziarah Kubur (Analisis Teori Tindakan Max Weber)

Kalimi, Taufiqud Dzikril (2022) Antusiasme Jamaah Manakib Al-Barokah Terhadap Ziarah Kubur (Analisis Teori Tindakan Max Weber). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Taufiqud Dzikril Kalimi (302180053).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kalimi, Taufiqud Dzikril. 2022. Antusiasme Jamaah Manakib Al-Barokah terhadap Ziarah Kubur (Analisis Teori Tindakan Max Weber). Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini, M. Kom.I
Kata Kunci: Jamaah Manakib, Ziarah Kubur

Salah satu kontribusi pendidikan agama Islam di dalam masyarakat adalah pengalaman spiritual. Pengalaman spiritual tersebut bisa berupa kegiatan ziarah kubur, yang mana dalam kegiatan tesebut terdapat pendidikan akhlak untuk membentuk manusia yang lebih baik. Berawal dari sebuah sikap yang ditunjukkan oleh salah satu jamaah manakib yang mengira ziarah kubur adalah suatu kegiatan yang sedikit menyimpang dari ajaran Islam yaitu syirik. Dari masalah di atas peneliti ingin meluruskan hal tersebut dengan meneliti tindakan dan perilaku para jamaah manakib di Pondok Pesantren Al-Barokah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Bagaimana motif tindakan rasional nilai dalam antusiasme jamaah manakib Al-Barokah terhadap ziarah kubur; (2) Bagaimana motif tindakan tradisional dalam antusiasme jamaah manakib Al-Barokah terhadap ziarah kubur.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa : (1) Motif tindakan rasional nilai dalam antusiasme jamaah manakib Al-Barokah terhadap ziarah kubur yaitu perilaku para jamaah dan seluruh orang yang terlibat dalam kegiatan ini yang dilihat dari nilai sosial dan spiritual. Motif yang dilakukan pelaku sangat beragam dan mempunyai manfaat tersendiri. Dalam nilai sosial dapat diketahui seperti gotong royong, toleransi dan disiplin. Hal ini sangat bagus sekali apabila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan dalam nilai spiritual dapat diketahui seperti sabar, menguatkan iman dan meningkatkan takwa kepada Allah SWT. (2) Motif tindakan tradisional dalam antusiasme jamaah manakib Al-Barokah terhadap ziarah kubur.yang pertama, menjaga amanah yang sudah diturunkan oleh kiai. Kedua, menjaga keaslian dan melestarikan kegiatan ziarah kubur supaya tidak pudar di era modern seperti ini, sehingga nilai spiritual dari ziarah tetap terjaga. Ketiga, menjaga tradisi bertawasul kepada para Nabi dan Wali Allah SWT dan yang terakhir selalu menjaga keistiqomahan dalam kegiatan rutinan ziarah kubur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:15
Last Modified: 21 Nov 2022 06:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21176

Actions (login required)

View Item View Item