Analisis Sistim Upah Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di PT Linggarjati Mahardika Mulia Pacitan

Rifai, Muhammad Rizal (2022) Analisis Sistim Upah Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di PT Linggarjati Mahardika Mulia Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
210716182_Muhammad Rizal Rifai_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rizal Rifai, Muhammad. 2021, Analisis Sistim Upah Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di PT Linggarjati Mahardika Mulia Pacitan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syarah, Pembimbing Muchtim Humaidi S.H.I M.IRKH

Kata Kunci: Upah, Sistim Upah, Kinerja Karyawan

Dalam rangka memenuhi kebutuhan fisiologis manusia harus memperoleh pendapatan guna memenuhi kebutuhan tersebut. Terdapat banyak sekali cara memenuhi kebutuhan pokok salah satunya dengan bekerja sebagai buruh. Cark dalam teori marginal productivity theory menyatakan bahwa tingkat upah memiliki kecenderungan dengan tingkat produktifitas tenaga kerja terakhir yang dibayar, yang disebut “pekerja batas” (marginal worker). Gehart dan Milkovich 1992 menyatakan bahwa dalam literatur kompensasi, ternyata ditemukan bukti yang kuat bahwa insentif individu, tingkat gaji dan bonus akan membuat kinerja karyawan semakin baik. Penerapan sistem upah pada PT Linggarjati Mahardika Mulia sudah sesuai peraturan pemerintah. Data yang peneliti peroleh menunjukkan masih dapat dijumpai oknum dengan kurangnya kinerja.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem upah dan bagaimana sistem upah dalam meningkatkan kinerja karyawan. Adapun metode penelitian yang peneliti tempuh adalah penelitian lapangan dengan deskriptif kualitatif.

Hasil dari Penelitian pada PT Linggarjati Mahardika Mulia menerapkan sistem upah berdasarkan waktu, sistem upah dengan satuan hasil, sistem upah lembur, dan sistem upah borongan. Dari beberapa sistem upah yang diterapkan, dapat disimpulkan bahwa sistem upah dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan, meningkatkan produktivitas, serta dapat meningkatkan kinerja karyawan tersebut. Sehingga dengan begitu, maka karyawan PT Linggarjati Mahardika Mulia dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:10
Last Modified: 21 Nov 2022 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21167

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item