Bahasa Kasar (Abussive Language) Dan Dampaknya Bagi Perkembangan Perilaku Anak Di Desa Pelem

Armita, Dina (2022) Bahasa Kasar (Abussive Language) Dan Dampaknya Bagi Perkembangan Perilaku Anak Di Desa Pelem. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DINA PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dina Armita, 2022. “Bahasa Kasar (Abussive Language) dan Dampaknya Bagi Perkembangan Perilaku Anak di Desa Pelem (Studi Kasus di Desa Pelem Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo)”. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. M. Irfan Riyadi, M. Ag.
Kata Kunci: Abussive Language, Perkembangan Perilaku Anak, Dampak.
Masa pertumbuhan anak sesusia SD akan banyak sekali menemukan hal-hal baru dan juga menarik untuk ditiru, apalagi pada umur segitu anak-anak masih dalam masa suka meniru orang yang berada di sekitarnya. Fenomena yang saat ini terjadi di banyak tempat tinggal atau lingkungan masyarakat ternyata sangat banyak sekali anak-anak yang sangat suka berkata kasar. Apalagi jika lingkungan pertemannya tidak diawasi oleh orang tua maka akan sangat cepat menyebar kata kasar tersebut ke anak yang lainnya juga. Oleh sebab itu, diperlukan segenap usaha untuk menghilangkan atau mengurangi bahasa kasar tersebut agar tidak di tirukan lagi oleh anak yang lainnya sehingga mampu menciptakan generasi yang baik untuk kedepannya.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan apa saja faktor yang mempengaruhi kebiasaan berkata kasar. 2) Upaya penanganan kepada anak yang berkata kasar dan 3) Dampak dari perilaku anak yang sering berkata kasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan tipe penelitian studi kasus.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Faktor yang mempengaruhi abussive language pada perkembangan perilaku anak adalah faktor keluarga, lingkungan, teman bermainnya, dan media sosial. 2) Upaya penanganan terhadap kebiasaan abussive language pada anak yaitu di peringatkan secara halus, ada juga yang langsung di tegur dengan keras. 3) Dampak bagi perkembangan perilaku anak yang melakukan abussive language adalah sulit untuk menemukan keunggulan atau talenta dalam diri sendiri, dikucilkan orang sekitar, sulit untuk mencapai kesuksesan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:14
Last Modified: 21 Nov 2022 06:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21166

Actions (login required)

View Item View Item