Perspektif Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Ponorogo Terhadap Jual Beli Pada Pedagang Eceran Bahan Bakar Minyak

Putri, Rizki Febriana (2022) Perspektif Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Ponorogo Terhadap Jual Beli Pada Pedagang Eceran Bahan Bakar Minyak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180303_Rizki Febriana Putri_Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Jual Beli, Bahan Bakar Minyak (BBM), Perspektif Mahasiswa Ekonomi Syariah.
Jual beli ialah suatu perjanjian tukar menukar benda atau barang yang mempunyai nilai secara sukarela diantara kedua belah pihak setelah terpenuhinya persyaratan-persyaratan, rukun-rukun, dan hal-hal lain yang ada kaitannya dengan jual beli. Bahan bkar minyak merupakan komoditasvital yang menguasai hidup orang banyak.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Untuk menganalisa data, penulis menggunakan analisis data secara induktif. Teknik pengolahan data yaitu pemaparan, pemilahan dan penarikan kesimpulan.Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Narasumber dalam penelitian ini penjual bahan bakar minyak eceran dan mahasiswaekonomi syariah IAIN Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdapat kejanggalan dalam sistem penakaran bahan bakar minyak sehingga terdapat penyelewengan dalam ekonomi Islam. Hal ini dikarenakan banyaknya persaingan antar jual beli bahan bakar minyak sehingga dalam penentuan jual beli khususnya takaran berbeda. Dalam kondisi yang demikian, pemerintah boleh ikut campur dalam dengan berbagai sarana yang memungkinkan untuk mengatasi berbagai faktor dan penyebab ketidakberesan dan kenaikan harga. Perspektif mahasiswa ekonomi syariah IAIN Ponorogo pada praktik jual beli bahan bakar minyak eceran di wilayah Ponorogo, sangat merugikan konsumen yaitu karena adanya penerapan sistem takaran yang tidak sesuai dan adil sesuai dengan ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 05:50
Last Modified: 21 Nov 2022 05:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21164

Actions (login required)

View Item View Item