Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Madrasah Unggul (Studi Kasus di MA Darul Huda Ponorogo)

Yulianingsih, Khofifah (2022) Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Madrasah Unggul (Studi Kasus di MA Darul Huda Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD 206180027 KHOFIFAH YULIANINGSIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bangsa Indonesia saat ini diyakini sedang mengalami kerusakan moral/akhlak hampir pada semua segmen kehidupan dan seluruh lapisan masyarakat. Hal ini mendorong pemerintah untuk menerapkan kebijakan nasional pembangunan bangsa (KN-PKB) dengan menekankan pentingnya pendidikan karakter. Pendidikan karakter menjadi tugas madrasah dalam pembelajaran dan penerapannya bagi peserta didik secara efektif dan efisien. Dengan manajemen madrasah yang baik, pengajaran dan penerapan nilai-nilai akhlak mulia tersebut dapat dilakukan. Namun jika madrasah lalai dalam menjalankan perannya sebagai salah satu lembaga pendidikan yang seharusnya membentuk karakter peserta didik yang luhur, maka tidak dapat dipungkiri bahwasannya madrasah tersegut gagal menjalankan perannya. Oleh karena itu, perlu adanya pembaharuan dan pengembangan manajemen yang baik dalam sebuah lembaga pendidikan agar mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lain. Dalam hal ini, madrasah unggul diharapkan menjadi agen of change yang mampu membentuk karakter manusia menjadi lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan pendidikan karakter dalam pengembangan madrasah unggul di MA Darul Huda Ponorogo, (2) penerapan pendidikan karakter dalam pengembangan madrasah unggul di MA Darul Huda Ponorogo, (3) evaluasi pendidikan karakter dalam pengembangan madrasah unggul di MA Darul Huda Ponorogo.
Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (field research) di mana peneliti berusaha memaparkan fakta yang ada di lembaga MA Darul Huda Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data milik Miles, Huberman dan Saldana yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa (1) Perencanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan madrasah menjadi madrasah unggul dilakukan dengan menentukan tujuan pendidikan karakter, menyusun rencana kerja berupa perencanaan jangka pendek, menengah, dan tahunan, kegiatan yang berupa kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan, selanjutnya madrasah mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter berupa nilai-nilai pendidikan karakter berupa nilai sosial, akhlakul karimah dan cinta tanah air. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan madrasah menjadi madrasah unggul dilakukan dengan mengintegrasikan nilai pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran wajib dan program tambahan, kegiatan rutin (keteladanan, pengkondisian), kegiatan madrasah (kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, kegiatan tahunan, kegiatan ekstrakurikuler), kegiatan di luar madrasah (kerja sama madrasah dengan pondok pesantren). (3) Evaluasi pendidikan karakter dilakukan dengan tes dan nontes dan hasil keseluruhannya dituangkan dalam penilaian raport K-13 indikator KI 1, KI 2, KI 3 dan KI 4 dan kerja sama dengan pihak pondok.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Location: IAIN Ponorogo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:04
Last Modified: 21 Nov 2022 06:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21163

Actions (login required)

View Item View Item