Manajemen Kesiswaan Berbasis Pesantren dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Darul Huda

Solikah, Kholifatus (2022) Manajemen Kesiswaan Berbasis Pesantren dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Darul Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOUD 206180029 KHOLIFATUS SOLIKAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini berbagai lapisan sosial telah terdampak krisis moral. Yang lebih memprihatinkan krisis moral ini telah merambah pada dunia pendidikan, khususnya peserta didik itu sendiri. Sesama peserta didik yang duduk dibangku sekolah sudah dapat saling menyakiti bahkan, para lulusan terbaik pendidikan banyak yang tersandung kasus-kasus yang mencoreng dunia pendidikan. Krisis moral ini, menjadi salah satu permasalahan penting yang ada di dunia pendidikan. Oleh karena itu, MTs Darul Huda menawarkan solusi dangan mengaplikasikan konsep manajemen peserta didik yang di samping sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen ilmiah, juga harus berbasis pada penanaman nilai-nilai akhlak atau moral.
Dalam penelitian ini ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, diantaranya: (1) Untuk mengetahui perencanaan, pengembangan, dan dampak kesiswaan berbasis pesantren dalam pembentukan karakter siswa di MTs Darul Huda
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru BP, dan guru. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, display data , dan penarikan kesimpulan atau conclusion drawing.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pengelolaaan kesiswaan berbasis pesantren dalam pembentukan karakter siswa dilakukan sejak awal adanya MTs Darul Huda, akan tetapi terjadi pembaharuan-pembaharuan setiap sebelum dimulainya tahun ajaran baru yang disesuaikan dengan situasi, kondisi dan hasil evaluasi. Bagian terpenting dari proses perencanaan yaitu penetapan kebijakan. Adapun beberapa kebijakan yang ditekankan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan adalah penambahan pada sistem kurikulum (adabuna dan ubudiyah), seluruh siswa wajib mengikut sekolah MMH, serta pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai pesantren. Beberapa nilai-nilai yang terlihat adalah adanya keakraban antara siswa dan guru, karena fungsi guru di MTs Darul Huda bukan hanya sebagai pengajar/pendidik saja, tetapi sebagai orang tua pengganti; Sopan santun yang tinggi yang ditunjang dengan buku pedoman adabun; Gaya hidup sederhana; kemandirian, sikap gotong royong; tolong menolong dan saling peduli; kedisiplinan; dan Tirakat. Tirakat yang paling ditekankan dipondok maupun di madrasah sesuai dengan dawuh muassis K.H. Hasyim Sholeh yaitu menaati peraturan yang berlaku. (2) Pengembangan kesiswaan berbasis pesantren dalam pembentukan karkter siswa di MTs Darul Huda melalui tiga strategi yaitu moral knowing, moral feeling dan moral action. Dalam prosesnya diimplementasikan dalam bentuk kegiatan akademik maupun non akademik siswa. Kegiatan akademik yaitu dengan menambahkan materi Ubuddiyah, adabuna masuk pada muatan lokal, serta beberapa mata pelajaran terdapat materi penunjang dari kitab kuning. Kegiatan non akademik terealisasikan dalam kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan siswa. (3) Manajemen kesiswaan berbasis pesantren dalam pembentukan karakter siswa mendapat respon yang positif dari seluruh warga madrasah. Respon positif tersebut memberikan dampak yang positif pula. Dampak yang positif dapat dilihat dari segi akademis maupun non akademis. Dari segi akademis dapat dilihat meningkatnya hasil belajar siswa dan beberapa prestasi siswa. Dari segi non akademis dapat dilihat dari tingkah laku harian siswa baik dalam proses pembelajaran di kelas maupun cara bersosialisasi diluar kelas.
Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan Berbasis Pesantren, pembentukan Karakter Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad thoyib
Location: IAIN Ponorogo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:11
Last Modified: 21 Nov 2022 06:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21162

Actions (login required)

View Item View Item