Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fikih Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Di Kelas X Agama Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Muhammad, Muharrom Al Hakim (2022) Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fikih Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Di Kelas X Agama Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180157 MUHAMMAD MUHARROM AL HAKIM PAI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muharrom Al Hakim, Muhammad. 2022. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Mata
Pelajaran Fikih Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw di di kelas X Agama
Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama islam, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.
I
Kata Kunci: Minat Belajar, Mata Pelajaran Fikih, Metode Pembelajaran Jigsaw.
Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Hal ini bahwa berhasil
tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung kepada bagaimana proses belajar
mengajar dirancang dan dijalankan secara profesional agar siswa merasa tidak jenuh dan bosan.
Realitanya timbul masalah di kelas X Agama Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Ponorogo
dalam proses pembelajaran di antaranya: Kurangnya hasil belajar siswa pada saat kegiatan
pembelajaran berlangsung. Untuk itu peningkatan mutu pendidikan harus dilakukan salah
satunya dengan menerapkan strategi- strategi yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar
siswa. Strategi itu adalah Jigsaw.
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mendiskripsikan penerapan metode pembelajaran
Jigsaw dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas X Agama di
Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023 dan Untuk
mendiskripsikan penerapan metode pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran fikih bagi siswa kelas X Agama di Madrasah Aliyah Darul Huda
Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023.
Hasil penelitian penerapan metode pembelajaran jigsaw ini terbukti meningkat pada siklus I,
dari 28 siswa terdapat 6 siswa yang minat belajarnya sangat baik dengan persentase 21,43%, 17
siswa baik dengan persentase 60,71%, dan 5 siswa kurang baik dengan persentase 17,86%.
Sedangkan pada siklus II, dari terdapat 18 siswa yang minat belajarnya sangat baik dengan
persentase 64,29 % dan 10 siswa baik dengan persentase 35,71%. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah metode jigsaw dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X Agama Madrasah Aliyah
Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Penerapan metode pembelajaran jigsaw
terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I, dari 28 siswa terdapat 20 siswa
yang hasil belajarnya tuntas dengan persentase 71,43%, 8 siswa yang tidak tuntas dengan
persentase 28,57%. Adapun pada siklus II, dari 28 siswa terdapat 28 siswa yang hasil belajarnya
tuntas dengan persentase 100% dan tidak ada siswa yang tidak tuntas dengan persentase 0%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:12
Last Modified: 21 Nov 2022 06:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21161

Actions (login required)

View Item View Item