Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Jalan Hos Cokroaminoto Ponorogo dalam Perspektif Ekonomi Islam

Kusuma, Intan Urba (2022) Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Jalan Hos Cokroaminoto Ponorogo dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180053_Intan Urba Kusuma-Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kusuma, Intan Urba. 2022. Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Jalan Hos Cokroaminoto dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Amin Wahyudi, M.E.I.
Kata Kunci: Pemberdayaan, Pedagang Kaki Lima, dan Ekonomi Islam.
Pemberdayaan adalah strategi untuk mewujudkan kemampuan dan kemandirian masyarakat terutama dari keterbelakangan. Kegiatan Pemberdayaan PKL Jalan Hos Cokroaminoto ini dilakukan dengan cara mandiri, yaitu membentuk suatu kelompok atau paguyuban dengan tujuan untuk bersama-bersama mewujudkan suatu kesejahteraan.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya kegiatan pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Jalan Hos Cokroaminoto Ponorogo, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Jalan Hos Cokroaminoto Ponorogo, dan menganalisis pemberdayaan Pedagang Kaki Lima yang berada Jalan Hos Cokroaminoto Ponorogo dalam perspektif Ekonomi Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara beberapa PKL, observasi yaitu mengamati fakta yang ada di lapangan, dan dokumentasi. Dengan jenis penelitian lapangan (field research), peneliti langsung terjun ke lapangan.
Upaya pemberdayaan yaitu membentuk kegiatan mandiri yang dilakukan dengan membentuk paguyuban, dengan tujuan mensejahterakan serta memudahkan PKL untuk memperoleh modal. Faktor-faktor yang mempengaruhi adanya upaya pemberdayaan PKL yaitu, tingginya solidaritas anatar anggota dan ketidak pedulian pemerintah. Pemberdayaan PKL Jalan Hos Cokroaminoto dalam Perspektif Ekonomi Islam terdapat adanya prinsip ta’awun yang diisi dengan program ekonomi seperti, koperasi simpan pinjam, jimpitan harian, arisan, dan kegiatan tahunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Amin Wahyudi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:43
Last Modified: 21 Nov 2022 04:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21157

Actions (login required)

View Item View Item