Persepsi Komunitas Standup Indo Ponorogo Atas Sebaran Iklan Puan Maharani Berjudul Kepak Sayap Kebhinekaan

Arif, Muhammad muhyiddin (2022) Persepsi Komunitas Standup Indo Ponorogo Atas Sebaran Iklan Puan Maharani Berjudul Kepak Sayap Kebhinekaan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Upload etesis fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Arif, M. Muhyiddin,2022.Persepsi Komunitas Stand Up Indo Ponorogo Atas Sebaran
Iklan Puan Maharani Berjudul Kepak Sayap Kebhinekaan. Skripsi Jurusan Komunikasi
dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam
Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Asna Istya Marwantika, M.Kom.I
Kata Kunci: Persepsi, Komunitas Stand Up Comedy Ponorogo, Puan Maharani,
Iklan Kepak Sayap Kebhinekaan
Komunitas Stand Up Comedy Ponorogo beranggotakan dari berbagai kalangan,
mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, pengacara, hingga pengusaha. Salah satu
anggota jebolan komunitas Stand Up Comedy Ponorogo yang menjadi komika nasional
adalah Fianita. Fianita adalah jebolan lima besar SUCI 5 yang diadakan Kompas TV.
Hampir semua komika dituntut untuk peka terhadap fenomena sekitar mereka. Seperti
fenemona Puan Maharani yang namanya muncul dipermukaan masyarakat setelah
mematikan mikrofon saat rapat paripurna tentang RKUHP pada bulan mei 2021. Tak
hanya itu nama Puan Maharani juga muncul ketika bilboard Puan Maharani berada
hampir diseluruh wilayah Indonesia pada bulan Agustus 2021. Bilboard Puan Maharani
yang sering menjadi isu masyarakat salah satunya kepak sayap kebhinekaan.
Dalam skripsi ini, peneliti menyajikan pembahasan meliputi: (1) Persepsi
komunitas Stand Up Comedy Ponorogo atas sebaran iklan Puan Maharani yang
berjudul kepak sayap kebhinekaan. (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi
persepsi komunitas Standup Indo Ponorogo terhadap sebaran iklan Puan Maharani
yang berjudul kepak sayap kebhinekaan.
Penelitian pada skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field research)
dengan metode penelitian kualitatif dengan penerapan mengumpulkan data melalui
observasi, wawancara semi struktur, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis
pengolahan data sesuai informasi.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Persepsi anggota komunitas Standup Indo
Ponorogo memiliki dua kategori persepsi, Persepsi positif dan persepsi negatif. Adapun
persepsi positif adalah iklan kepak sayap kebhinekaan mudah teringat dan menempel
terus diingatan, brandingnya berhasil, dan taktik politiknya bagus. (2) ada empat faktor
yang mempengaruhi seseorang mengungkapkan persepsi. Dengan latar belakang yang
berbeda membuat persepsi anggota komunitas Standup Indo Ponorogo berbeda-beda.
Dari tujuh informan ada dua anggota komunitas stand Up Indo Ponorogo Moh. Zidny
dan Geby Yosa Prakoso yang persepsinya dipengaruhi oleh faktor fungsional. Octav
dan Frengky Aprianto mengungkapkan persepsinya karena faktor situasional. Tito
Mahardika dan Mas Brintik persepsinya karena faktor personal, dan satu anggota
Fianita mengungkapkan persepsinya dipengaruhi karena faktor struktural.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 05:55
Last Modified: 21 Nov 2022 05:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21153

Actions (login required)

View Item View Item