Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia Dini Di Desa Ngraho Bojonegoro

Hidayat, Muhammad Burhan (2022) Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia Dini Di Desa Ngraho Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi watermark fiks.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan suatu hal yang penting bagi setiap perkembangan anak-anaknya, orang tua juga tidak lupa memberi penjelasan kepada anak bahwa apa yang dilakukan orang tua saat ini seperti memberi peraturan, hukuman, atau memberikan tugas-tugas kepada anak guna untuk masa depannya.
Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui upaya-Upaya Orang Tua Dalam Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia Dini Di Desa Ngraho Bojonegoro, (2) Untuk mengetahuiapa saja bentuk upaya orang tua dalam menanamkan disiplin pada anak usia dini di desa ngraho bojonegoro, (3) Untuk mengetahui Bagaimana hambatan-hambatan pola asuh orang tua dalam menanamkan disiplin pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dimana peneliti mengambil informasi dari orang tua yang mau untuk diwawancarai, informan tersendiri terdiri dari 6 respondenyang memiliki anak usia 0-6 tahun
Hasil dari penelitian ini adalah upaya-upaya yang dilakukan oleh para orang tua dalam menanamkan atau memasukkan nilai-nilai, norma-norma ke dalam diri anak sehingga anak memiliki disiplin diri, diantaranya adalah sebagai berikut,Keteladanan, Pendidikan Agama Sebagai Dasar Pendidikan Anak, Adanya Hukuman, Adanya penghargaan. Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Disiplin Pada Anak yang ada Di Desa Ngraho yaitu : Sikap otoriter, Sikap demokrastis, Sikap liberal. Adapun hambatan-hambatan yang dialami orang tua saat melakukan pola asuh antara lain: kurangna perhatian dan kepedulian terhadap anak, kurangna perhatian dan kepedulian lingkungan, anak-anak sering lupa kalua lagi bermain jika tidak di ingatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M IRFAN RIYADI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:46
Last Modified: 21 Nov 2022 04:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21143

Actions (login required)

View Item View Item