Analisis Pendidikan Kewirausahaan Santri Melalui Unit Usaha di Pondok Pesantren Darul Huda Ponorogo

Saputra, Eryck Dwi Bayu (2022) Analisis Pendidikan Kewirausahaan Santri Melalui Unit Usaha di Pondok Pesantren Darul Huda Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717089_Eryck Dwi Bayu Saputra_Ekonomi Syariah,1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren Darul Huda memiliki pesan untuk mencetak generasi yang mampu bermanfaat bagi masyarakat sekitar, baik bidang agama maupun bidang umum. Salah satunya dibidang kewirausahaan. Maka dari itu penerapan metode pendidikan kewirausahaan di pondok itu seperti apa dan di dalam sebuah penerapan nanti apakah ada nanamanya hambatan dan tantangan dalam penerapan pendidikan kewirausahaan santri di pondok pesantren. Maka penelitian ini nanti untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan kewirausahaan dan hambatan yang bisa saja terjadi dalam menjalankan sebuah pendidikan kewiraushaan.
Penelitian yang dilakukan menggunakan metode pendekatan kualitatif atau penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan kepada pengurus pondok, para santri dan alumni pondok pesantren darul huda, dengan melakukan wawancara dan observasi lapangan guna mendapatkan sumber data yang diperlukan oleh peneliti untuk dasar data penelitian.
Dari hasil penelitian yang penelliti lakukan menunjukan bahwa keberadaan fasilitas kewirausahaan yang ada di pondok seperti BLKS (Balai Latihan Kerja Santri), unit usaha (koperasi, kantin, dan foto copy). Belum memberikan dampak yangbaik atau masih banyak kekurangannya, seperti minat santri yang menggunakan fasilias tersebut masih sangat minim. Hal ini karena kurangnya penekanan dibidang kewirausahaan santri, tidak adanya metode yang berguna menjalankan kewirausahaan di pondok, serta waktu untuk mendapatkan pembelajaran kewirausahaan kurang tepat, karena yang bisa menjalankan fasilitas tersebut hanya santri yang sudah lulus sekolah MTs dan MA. Artinya fasilitas kewirausahaan seperti BLKS dan unit usaha belum bisa menjadi perantara pendidikan kewiraushaan yang ada di pondok pesantren Darul Huda Mayak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sa'id Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:32
Last Modified: 21 Nov 2022 04:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21137

Actions (login required)

View Item View Item