Konsep Pendidikan Akhlak Di Lingkungan Keluarga Dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susila Karya K.H. Bisri Musthofa

Damayanti, Rizqi Ayu (2022) Konsep Pendidikan Akhlak Di Lingkungan Keluarga Dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susila Karya K.H. Bisri Musthofa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203180105_Rizqi Ayu Damayanti_PGMI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only until 18 November 2023.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Damayanti, Rizqi Ayu. 2022. Konsep Pendidikan Akhlak Di Lingkungan Keluarga Dalam Kitab Syi’ir Ngudi Susila Karya K.H. Bisri Musthofa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak, Syi’ir, Keluarga
Akhlak mempunyai pengaruh besar terhadap hidup individu manusia terhadap suatu bangsa dalam kehidupan sehari-hari. Kehidupan sesama manusia akan menjadi harmonis, damai dan rukun dengan adanya akhlak. Sehingga pentingnya mempelajari pendidikan akhlak juga tidak kalah penting dengan menerapkannya dalam kehidupan sosial. Pendidikan akhlak dalam lingkungan keluarga mengambil peranan penting dan mendasar sebagai bekal kehidupan manusia. Kerusakan akhlak terhadap generasi muda merupakan ancaman yang serius terhadap stabilitas sosial, maka penanaman akhlak terhadap anak hendaknya diajarkan sejak sedini mungkin. Diantara sumber pendidikan akhlak di lingkungan keluarga yang dapat kita peroleh yaitu melalui Kitab Syi’ir Ngudi Susila Karya K.H. Bisri Musthofa. Kitab ini berisi materi pendidikan akhlak secara umum berbentuk syi’ir dalam bahasa Jawa dan penulisannya dengan aksara pegon.
Adapun tujuan dari penelitian adalah (1)mengetahui kandungan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Syi’ir Ngudi Susila karya K.H. Bisri Musthofa. (2) Mendiskripsikan bagaimana pendidikan akhlak di lingkungan keluarga dalam kitab Syi’ir Ngudi Susila karya K.H. Bisri Musthofa.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan datanya dilakukan di perpustakaan dengan cara membaca beberapa literatur terkait yang memiliki relevansi dengan Kitab Syi’ir Ngudi Susila, dimana diantaranya berupa buku, jurnal, surat kabar, hasil seminar dan lain sebagainya. Adapun analisis yang dilakukan menggunakan analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kitab Syi’ir Ngudi Susila karya K.H. Bisri Musthofa ini merupakan kitab yang ditulis dengan huruf arab pegon berbahasa Jawa, terdiri dari 8 bab yaitu pendahuluan yang membahas tujuan penyusunan Syi’ir, kemudian dilanjutkan dengan 8 bab pembahasan, pertama bab Ambagi Wektu (Membagi Waktu), kedua bab Ing Pamulangan (Di Sekolah), ketiga bab Mulih Saking Pamulangan (Pulang dari Sekolah), keempat bab Ana Ing Omah (Di Rumah), kelima bab Karo Guru (Dengan Guru), keenam bab Ana Tamu (Ada Tamu), ketujuh bab Sikap Lan Laku (Sikap dan Prilaku), kedelapan bab Cita-Cita Luhur (Cita-Cita Luhur). (1)Kandungan nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Syi’ir Ngudi Susila meliputi akhlak terhadap Allah ,akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap guru, akhlak terhadap lingkungan,dan akhlak terhadap bangsa.(2) Pendidikan akhlak dalam lingkungan keluarga yang meliputi menghormati dan menyayangi orang tua, menjaga sikap sopan santun, menaati perintah orang tua, bersikap adil, menjaga silaturahim dengan saudara, dan meminta izin pada orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh.Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:42
Last Modified: 21 Nov 2022 04:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21127

Actions (login required)

View Item View Item