Pengaruh Bulllying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di MTSN 5 Ponorogo

Fatkhurokhman, Mohammad (2022) Pengaruh Bulllying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di MTSN 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
303180059_Mohammad Fatkhurokhman_BPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fatkhurokhman, Mohammad. 2022. Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Kelas VII Di MTSN 5 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Bimbingan
Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing, M. Rozi Indrafuddin M.Fil.I
Kata Kunci : Bullying, Motivasi Belajar
Setiap manusia pasti membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan negara, hal ini tercantum pada UU No. 20 Tahun
20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan memiliki 3 jalur
dalam pendidikan yaitu jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal. Untuk
mencapai tujuan pendidikan yang dinginkan, seseorang juga membutukan
motivasi yang ada dalam dirinya maupun luar. Motivasi yang ada sangat
berpengaruh kuat bagi dalam diaktivitas. Apabila motornya tidak ada, maka
aktivitas tidak akan terjadi, bila motorya lemah, aktivitas yang terjadi pun lemah
pula. Motivasi belajar berkaitan erat dengan tujuan yang hendak dicapai oleh
individu yang sedang belajar itu sendiri. Bila seseorang yang sedang belajar
menyadari bahwa tujuan yang hendak dicapai berguna atau bermanfaat baginya,
maka motivasi belajar akan muncul dengan kuat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat bullying pada siswa
kelas VII MTSN 5 Ponorogo serta mengetahui pengaruh terhadap motivasi belajar
siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 41 responden. Teknik
pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan analisis yang digunakan
menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas), uji statistik (statistik
deskriptif dan statistik inferensial), dan uji hipotesis regresi linier sederhana.
Berdasarkan dari hasil perhitungan menggunakan spss yaitu r hitung
sebesar 0,183 dan r tabel sebesar 0,34 sehingga Ha diterima Ho ditolak yang
artinya adalah terdapat hubungan yang signifikan. Kategori sedang didapatkan
dari hasil statistika dengan menggunakan norma klasifikasi standar deviasi. Dan
diketahui bahwasanya terdapat tingkat bullying dalam kategori sedang dengan
presentase 73,1 %, tingkat motivasi belajar dengan kategori sedang dengan
presentase 73,17 %, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara Bullying
dan motivasi belajar siswa kelas VII di MTSN 5 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rozi Indrafuddin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:41
Last Modified: 21 Nov 2022 04:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21123

Actions (login required)

View Item View Item