Pengaaruh Iklim Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di MTs Se-Kecamtan Slahung

Fanani, Sholahuddin Afif (2022) Pengaaruh Iklim Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di MTs Se-Kecamtan Slahung. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502190038_SHOLAHUDDIN AFIF FANANI_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru memberikan peran paling penting dalam sistem pendidikan untuk meningkatkan pembelajaran siswa yang penting bagi kesuksesan masa depan mereka. Kinerja guru memiliki pengaruh langsung terhadap pembelajaran siswa dan kemajuan siswa adalah standar yang digunakan untuk menilai kinerja guru. Kinerja guru dapat dilihat dari apa yang dilakukannya tersebut dalam kerjanya, yakni bagaimana guru melakukan pekerjaan atau unjuk kerjanya
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru di MTs Se-Kecamatan Slahung, (2) mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Se-Kecamatan Slahung, (3) mengetahui pengaruh iklim kerja dan gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Se-Kecamatan Slahung.
Jenis peneilitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisa data dengan menggunakan hasil uji dan regresi berganda.
Hasil penelitian Variabel iklim kerja di MTs Kecamatan Slahung secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru MTs. Kecamatan Slahung. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis uji t yang telah dilakukan. Diperoleh nilai t hitung sebesar 2,579 dengan nilai sig. sebesar 0,011. Nilai tersebut lebih besar apabila dibandingkan dengan nilai t tabel yang bernilai 1,661. Variabel kepemimpinan tidak mempengaruhi secara parsial kinerja guru MTs Se-Kecamatan Slahung. Dari hasil analisis diperoleh nilai t hitung sebesar 1,620, apabila dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 1,661, nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (1,620 < 1,661) sehingga hipotesis dalam penelitian ini ditolak. Gaya kepemimpinan kepala sekolah MTs di Kecamatan Slahung Ponorogo tidak mempengaruhi kinerja guru. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel iklim kerja dan gaya kepemimpinan terhadap variable kinerja guru MTs Kecamatan Slahung Ponorogo. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis uji F yang telah dilakukan, diperoleh nilai F hitung>F tabel (4,055> 3,09) maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi bahwa variabel independen (iklim kerja dan gaya kepemimpinan) terhadap variabel kinerja guru MTs Kecamatan Slahung Ponorogo.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:26
Last Modified: 21 Nov 2022 04:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21121

Actions (login required)

View Item View Item