Penerapan Strategi Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Proses Dan Hasil Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Ma'arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2021-2022

Kholifah, Inun Nur (2022) Penerapan Strategi Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Proses Dan Hasil Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Ma'arif Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180185_Inun Nur Kholifah_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nur Kholifah, Inun. 2022. Penerapan Strategi Make a Match sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Agus Tricahyo, MA.
Kata Kunci: Penerapan Make a Match, Penguasaan Kosakata, Bahasa Arab
Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Menurut beberapa siswa topik yang ada di dalam pembelajaran Bahasa Arab ini dianggap sebagai topik yang sulit bagi siswa karena bahasa Arab bukanlah bahasa percakapan yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan bahasa Arab adalah bahasa asing. Terbukti dari interaksi aktif antara siswa dan guru atau siswa dan siswa di dalam kelas jarang terjadi. Hal ini terlihat pada model pembelajaran pasif yang hanya menuntut siswa untuk menghafal kosakata bahasa Arab dengan tujuan agar siswa dapat menjawab soal dan memahami soal dalam bahasa Arab untuk dievaluasi tanpa menggunakan strategi yang dapat meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat meningkatkan keaktifan dan penguasaan kosakata siswa adalah strategi make a match. Strategi make a match adalah salah satu pembelajaran yang mengorganisasikan kelas secara berpasangan, kemudian berbagi menjadi empat siswa untuk berdiskusi (sharing). Berdasarkan uraian di atas, kurangnya pemahaman materi oleh siswa peneliti berusaha untuk memudahkan siswa memahami materi dan peneliti terus belajar untuk memudahkan dalam menghafal kosakata melalui “Penerapan Strategi Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Ma’arif Ngrupit”
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan strategi make a match untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Ma’arif Ngrupit, (2) Untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Ma’arif Ngrupit dengan menerapkan strategi make a match.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang mencakup tiga siklus. Pada setiap setiap siklusnya terdiri dari 4 langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Strategi make a match adalah salah satu pembelajaran yang mengorganisasikan kelas secara berpasangan yang sebelumnya guru telah menyiapkan kartu pertanyaan dan jawaban, lalu peserta didik mencari pasangan masing-masing pertanyaan dan jawaban tersebut, sehingga peserta didik akan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. peserta didik tidak hanya akan menguasai konsep materi yang diberikan saja, tetapi peserta didik dapat lebih bersosialisasi dan menghargai pendapat temannya serta pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa persentase aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan menerapkan model make a match pada siklus I yaitu 72%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82% dan pada siklus III meningkat menjadi 92%. Hasil persentase aktivitas siswa saat menerapkan model make a match ke dalam pembelajaran pada siklus I yaitu 67,5%, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 75% dan pada siklus III meningkat menjadi 87,5%. Hasil penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa pada siklus I belum tuntas yaitu dengan nilai persentase 56%, dan pada siklus II meningkat menjadi 68% dan mengalami peningkatan kembali di siklus III dengan nilai presentase 84%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi make a match dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:36
Last Modified: 21 Nov 2022 04:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21119

Actions (login required)

View Item View Item