Peningkatan Ketenangan Jiwa Melalui Khidmah di Sima'an Al-Qur'an (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Riyadlut Tholibin Campurejo Sambit Ponorogo)

Aziz, Moh. Abdul (2022) Peningkatan Ketenangan Jiwa Melalui Khidmah di Sima'an Al-Qur'an (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Riyadlut Tholibin Campurejo Sambit Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E-Thesis Moh Abdul Aziz.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abdul Aziz, Moh. 2022. Peningkatan Ketenangan Jiwa melalui Khidmah di Sima’an Al-Qur’an (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Riyadlut Tholibin Campurejo Sambit Ponorogo). Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Irma Rumtianing UH, M. SI.

Kata kunci: Ketenangan Jiwa, Sima’an Al-Qur’an, Santri

Ketenangan Jiwa merupakan hal yang sangat di damba-dambakan oleh semua orang tak terkecuali Santri Pondok Pesantren Riyadluth Tholibin yang notabennya adalah seorang pelajar dan dalam mencari ketenangan jiwa tersebut santri Pondok Pesantren Riyadlut Tholibin mengabdikan diri sebagai khuddam Sima’an Mantab Rabu Pahing Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kontribusi santri dalam kegiatan Sima’an Mantab Rabu Pahing dan mengetahui dampak yang dirasakan setelah mengikuti kegiatan Sima’an Mantab Rabu Pahing.
Untuk menjawab rumusan masalah yang ada, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah santri Pondok Pesantren Riyadluth Tholibin sebanyak 10 santri/partisipan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan menyusun data yang telah diperoleh kemudian mengorganisasikan ke dalam pola serta membuat kesimpulan yang mudah di pahami.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi Santri Pondok Pesantren Riyadlut Tholibin dalam Sima’an Al-Qur’an Mantab Rabu Pahing adalah sebagai khuddam atau pembantu dalam bidang perlengkapan khususnya dalam hal lighting, sound system, WC keliling, dan menyebarkan kotak amal. Dampak yang dirasakan santri setelah mengikuti kegiatan Sima’an Mantab Rabu Pahing diantaranya ketika melakukan pekerjaan atau kegiatan di pondok, tingkah laku santri yang cenderung tidak tergesa-gesa dan lebih tenang, serta tampak damai dan tentram dalam kesehariannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa salah satu fungsi Al-Qur’an sebagai obat penenang hati dan penyakit hati dapat dilihat pada tingkah laku santri. Dalam kegiatan harian, para santri juga menunjukkan sikap tawakkal, berserah diri kepada Allah swt dengan memegang teguh bahwa Allah senantiasa menyertai hamba-Nya. Kekhawatiran akan masa depan maupun kehidupan, segala sesuatunya telah diserahkan kepada Allah. Untuk itu terciptalah jiwa yang tenang dan damai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing UH
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:56
Last Modified: 21 Nov 2022 03:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21112

Actions (login required)

View Item View Item