Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pengelolaan Sampah Pada Pembelajaran IPS Terpadu Materi Potensi Sumber Daya Alam Indonesia Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Sawoo

Ramadhan, Wahyu (2022) Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pengelolaan Sampah Pada Pembelajaran IPS Terpadu Materi Potensi Sumber Daya Alam Indonesia Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Sawoo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180081_Wahyu Ramadhan_Tadris IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ramadhan, wahyu. 2022. Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pengelolaan Sampah Materi Potensi Sumber Daya alam Indonesia Siswa Kelas VII di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata kunci: Karakter Peduli Lingkungan, Pengelolaan Sampah, Pembelajaran IPS Terpadu.

Lingkungan merupakan tempat yang sangat berkaitan dengan makhluk hidup terutama manusia, dan lingkungan juga menjadi tempat untuk seluruh kegiatan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya menjaga lingkungan disekitar tempat tinggal mereka. Begitu juga di lingkungan sekolah masih banyak siswa yang belum bisa menjaga kebersihan lingkungan sekolah seperti membuang sampah tidak pada tempatnya dan terkadang siswa kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah mereka. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk menanamkan sikap atau karakter peduli lingkungan kepada siswa didalam lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal mereka seperti yang dilakukan di SMPN 1 Sawoo.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan penanaman karakter peduli lingkungan melalui pengelolaan sampah di SMPN 1 Sawoo, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan penanaman karakter peduli lingkungan melalui pengelolaan sampah di SMPN 1 Sawoo, (3) mendeskripsikan hasil pelaksanaan penanaman karakter peduli lingkungan melalui pengelolaan sampah di SMPN 1 Sawoo.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Pendekatan ini adalah cara yang tepat untuk mengungkap pelaksanaan penanaman karakter peduli lingkungan melalui pengelolaan sampah di SMPN 1 Sawoo. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles, Huberman, dan Saldana yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan keikutsertaan diperpanjang, pengamatan tekun, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan penanaman karakter peduli lingkungan bagi siswa melalui pengelolaan sampah di SMPN 1 Sawoo yaitu pelaksanaan pengelolaan sampah di SMPN 1 Sawoo yaitu yang pertama setiap jenis sampah organik bisa didaur ulang seperti sisa–sisa buah, daun daun yang berguguran, sisa-sisa makanan seperti pentol, nasi kering, dan sisa gorengan yang bisa diolah menjadi pupuk kompos/organik. Sedangkan yang kedua yaitu setiap jenis sampah non organik juga bisa dimanfaatkan seperti pengelolaan sampah plastik menjadi kerajinan tangan antara lain : karpet bekas dapat dijadikan menjadi pot tanaman. (2) faktor yang mendukung penanaman karakter peduli lingkungan bagi siswa melalui pengelolaan sampah di SMPN 1 Sawoo yaitu faktor guru, faktor fasilitas sekolah, dan faktor dari orang tua siswa sendiri, sedangkan faktor yang menghambat yaitu kesadaran peserta didik dalam kepeduliaan terhadap lingkungan yang kurang, adanya peserta didik yang kurang mentaati aturan sekolah, dan motivasi peserta didik yang kurang karena pandemi sehingga peserta didik kurang peduli terhadap lingkungan. (3) Hasil pelaksanaan penanaman karakter peduli lingkungan bagi siswa melalui pengelolaan sampah di SMPN 1 Sawoo yaitu dengan adanya program pengelolaan sampah ini siswa dapat memilah antara sampah organik dan sampak non organik serta dapat memanfaatkan dengan baik sehingga terciptanya kebersihan, keindahan, dan kenyamanan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. SYAFIQ HUMAISI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:28
Last Modified: 21 Nov 2022 04:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21109

Actions (login required)

View Item View Item