POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) ROUDLOTUL QUR’AN SEDAH JENANGAN PONOROGO

Ayyahin, Husnaya Amalina (2022) POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPQ) ROUDLOTUL QUR’AN SEDAH JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WM AO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pola komunikasi merupakan bagian dari proses komunikasi, dimana proses komunikasi ini merupakan Serangkaian dari aktivitas yang menyampaikan pesan hingga diperolehnya timbal balik. Melalui pola komunikasi yang baik, dapat memberikan respon yang sangat positif bagi perkembangan anak didik dan proses belajar mengajar sehingga dapat menciptakan suatu komunikasi yang efektif bagi komunikator dan komunikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Bagaimana pola komunikasi guru dalam proses belajar mengajar di TPQ Roudlotul Qur’an dengan anak didiknya. (2) Bagaimana bentuk komunikasi guru dalam proses belajar mengajar di TPQ Roudlotul Qur’an dengan anak didiknya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunnakan yakni reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1. Pola komunikasi guru yang dilakukan dalam proses belajar mengajar di TPQ Roudlotl Qur’an ini yakni pola komunikasi satu arah, dua arah dan multi arah. Namun dari ke tiga pola komunikasi tersebut, pola komunikasi satu arah lebih mendominasi. Hal tersebut disebabkan masih adanya guru yang monoton dan tidak berinovasi sehingga siswa merasa bosan dan tidak melakukan umpan balik pada saat guru melakukan komunikasi. 2. Bentuk pola komunikasi yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar di TPQ Roudlotul Qur’an dengan anak didiknya yakni komunikasi kelompok. Namun terdapat beberapa guru yang sesekali menggunakan komunikasi interpersonal untuk menjalin kedekatan dengan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 05:53
Last Modified: 21 Nov 2022 05:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21107

Actions (login required)

View Item View Item