Tahap-Tahap pendidikan Akhlaq Dalam Keluarga Pada Surah Luqman (Studi Analisis Surah Luqman)

Hasim, Tony Rochman (2022) Tahap-Tahap pendidikan Akhlaq Dalam Keluarga Pada Surah Luqman (Studi Analisis Surah Luqman). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Watermark.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasim, Tony Rochman. 2022. Tahap-Tahap Pendidikan Akhlaq Dalam Keluarga Pada Surah Luqman (Studi Analisis Surah Luqman). Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Irma Rumtianing U.H, M.S.I

Kata Kunci : Akhlaq, Keluarga, Surah Luqman.

Pendidikan akhlak merupakan hal yang sangat penting bagi seorang anak. Pada saat ini banyak terjadi perilaku seorang anak yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Hal itu dikarenakan kurangnya pendidikan atau ajaran dari keluarga terutama orang tua. Pendidikan akhlaq seorang anak haruslah diajarkan ketika anak masih berusia dini. Bagi setiap keluarga khusunya orang tua merupakan seorang pendidik pertama bagi seorang anak. Setelah orang tua, guru disekolah dan juga faktor lingkungan pergaulan juga memberikan pengaruh terhadap akhlaq seseorang anak. Oleh karena itu orang tua harus selalu mengawasi perilaku seorang anak dan juga menanamkan pendidikan akhlaq sejak dini dan juga memberikan contoh yang baik terhadap seorang anak. Pendidikan akhlaq sudah banyak dijelaskan didalam Al-Qur’an. Akan tetapi kali ini penulis akan meneliti Surat Luqman sebagai sumber pembahasan. Dengan begitu peneliti ingin mengkaji lebih dalam mengetai tahap-tahap pendidikan akhlaq dalam keluarga pada surah Luqman. Sehingga peneliti memunculkan pertanyaan 1) Bagaimana tanggung jawab orang tua terhadap keluarga dalam pendidikan akhlaq pada surah Luqman, 2) Bagaimana tahap-tahap pendidikan akhlaq pada surah Luqman.
Penelitian ini menggunakan metode tekhnik analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif, deskriptif merupakan suatu pemaparan atau penggambaran suatu data dengan kata-kata yang jelas dan terperinci. Analisis deskriptif ini merupakan analisis yang paling mendasar untuk menjelaskan dan menggambarkan suatu data secara umum.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1) Tanggung jawab orang tua terhadap keluarga dalam surat Luqman yaitu dalam hal pendidikan jasmani dan pendidikan keagamaan. 2) Tahap-tahap pendidikan akhlaq dalam surah Luqman ada beberapa tahapan yaitu meng-Esakan Allah Swt, berbuat baik kepada orang tua, syukur kepada Allah Swt dan orang tua, berkomunikasi dengan baik kepada orang tua, mengikuti pola hidup anbiya’ was shalihin, menegakkan shalat, amar ma’ruf nahi munkar, sederhana dalam kehidupan, bersikap sopan dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing Uswatul Hanifa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:27
Last Modified: 21 Nov 2022 04:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21105

Actions (login required)

View Item View Item