Gejala Stres Pada Remaja Pecandu Game Online Di Desa Cokromenggalan

Pribadi, Catur Langgeng (2022) Gejala Stres Pada Remaja Pecandu Game Online Di Desa Cokromenggalan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
e-tesis CTR 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pribadi, Catur Langgeng. 2022. Gejala Stres Pada Remaja Pecandu Game Online Di Desa Cokromenggalan. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Fendi Krisna Rusdiana, M.Psi.

Kata Kunci: stres, remaja, pecandu game online
Fenomena remaja yang larut akan permainan game online dan mengakibatkan gejala stres ini ditemukan di lingkup yang ada di Desa Cokromenggalan. Remaja bermain game online dalam sehari menghabiskan waktu lebih dari 10 jam. Hal tersebut kemudian memunculkan permasalahan yang baru yaitu remaja merasa dirinya tidak bisa lepas dari game online kemudian mengakibatkan gejala stres, stres yang dialami pada remaja adalah ketidak mampuan remaja mengontrol intensitas bermain game dan hal tersebut menimbulkan peramsalahan lain baik secara akademik maupun non akademik.
Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana bentuk gejala stres pada remaja pecandu game online? 2) Bagaimana game online menjadi faktor penyebab gejala stres pada remaja pecandu game online?3) Bagaimana dampak gejala stres pada prestasi akademik remaja pecandu game online?, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi dan melibatkan 4 narasumber. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi,dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian didapati bahwa remaja mengalami gejala stres yang diakibatkan oleh game online dan memunculkan reaksi negatif pada para remaja atau yang di sebut distres yang mana reaksi tersebut mengakibatkan gejala-gejala stres nampak pada remaja. Beberapa gejala yang nampak diantaranya adalah: reaksi psikologis (sulit mengontrol emosi, mudah marah, mudah tersingung), reaksi fisiologis (nyeri pada tengkuk, sakit mata, insomnia), reaksi proses berfikir (seperti pikiran menjadi kacau, menurunnya daya konsentrasi, pikiran berulang, dan pikiran tidak wajar), reaksi perilaku (frekuensi merokok menjadi meningkat, atau bahkan menghindari teman-teman dan menjadi anti sosial). Faktor yang menyebabkan game online menjadi penyebab gejala stres pada remaja diantaranya adalah: faktor internal berkaitan dengan remaja dan faktor eksternal berkaitan dengan lingkungan sekitar. Dampak terhadap prestasi akademik diantaranya adalah: kemampuan intelektualitas menurun, minat belajar menurun, tidak bisa mengembangkan bakat, motivasi belajar menurun, sikap negatif, kondisi fisik dan mental menurun, remaja mengaalami penurunan kemandirian untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fendi Krisna Rusdiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:57
Last Modified: 21 Nov 2022 03:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21097

Actions (login required)

View Item View Item