PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM @beritamagetan SEBAGAI MEDIA INFORMASI (Perspektif Uses and Gratification)

Zamzami, Muhammad Abid Rifqy (2022) PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM @beritamagetan SEBAGAI MEDIA INFORMASI (Perspektif Uses and Gratification). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DADI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Media sosial saat ini menjadi media yang digemari masyarakat. Salah satunya ialah Instagram, saat ini banyak akun-akun yang menyediakan informasi. Salah satunya yakni @beritamagetan. Akun ini menyediakan informasi seputar wilayah Magetan, baik itu informasi kriminal, prestasi, politik, ataupun promosi.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui motif admin menggunakan akun @beritamagetan sebagai media informasi di Magetan. (2) untuk mendeskripsikan kepuasan admin dalam menggunakan akun Instagram @beritamagetan sebagai media informasi di Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data analisis interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi: kegiatan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) bahwa motif penggunaan akun Instagram @beritamagetan sebagai media informasi, yaitu motif informasi dan motif hiburan. Motif informasi muncul dengan digunakannya akun Instagram @beritamagetan sebagai media informasi bagi masyarakat. Sedangakn motif hiburan dapat dilihat dari digunakannya akun Instagram @beritamagetan oleh admin sebagai media bersosialisasi dengan followers serta melepasakan penat akibat pekerjaan. (2) Kepuasan admin dalam menggunakan akun Instagram @beritamagetan sebagai media informasi telah puas karena apa yang telah diinginkan oleh admin dapat tercapai. Dengan diterimanya akun Instagram @beritamagetan oleh masyarakat Magetan. Antusiasme dan gairah masyarakat Magetan dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi juga memberikan kesenangan terhadap admin sehingga admin merasa sudah berguna bagi banyak orang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:26
Last Modified: 21 Nov 2022 03:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21096

Actions (login required)

View Item View Item