..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN BLM DITANDA TANGANI, TAMBAHKAN DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Strategi Komunikasi Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Toleransi Siswi Mukim Kelas vii MTS Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

Rufaida, Rufaida (2022) ..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN BLM DITANDA TANGANI, TAMBAHKAN DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Strategi Komunikasi Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Toleransi Siswi Mukim Kelas vii MTS Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi Rufaida.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

Rufaida. 2022. Strategi Komunikasi Guru Strategi Komunikasi Guru Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Toleransi Siswi Kelas VII Mukim Di Mts Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M, Ag.

Kata kunci: Strategi Komunikasi, guru TIK, Pengembangan Nilai-Nilai Toleransi

Indonesia merupakan negara multikultural yang memiliki beraneka ragam agama, suku, budaya, dan bahasa. Oleh karena itu setiap warga Indonesia sudah seharusnya memiliki sikap toleransi yang tinggi. Eksistensi keberadaan Madrasah Tsanawiyah Darul Huda menjadi sasaran yang tepat dalam membimbing nilai-nilai toleransi siswa, terlebih siswa kelas VII yang menetap di Pondok Pesantren DarulHuda, karena siswa atau peserta didik di MTs Darul Huda tidak hanya dari satu daerah saja melainkan dari beberapa daerah di Indonesia, oleh sebab itu, guru di MTs Darul Huda haruslah memiliki suatu strategi komunikasi untuk mengembangkan nilai-nilai toleransi kepada siswa, terlebih guru TIK, dikarenakan guru TIK dituntut untuk bisa menjadi seorang pendidik sekaligus sebagai contoh teladan yang baik bagi siswa MTs Darul Huda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan guru TIK MTs Darul Huda untuk mengembangkan nilai-nilai toleransi siswa kelas VII mukim MTs Darul Huda Ponorogo, untuk mengetahui pola komunikasi guru TIK dalam mengembangkan nilai-nilai toleransi siswa mukim kelas VII MTs Darul Huda Ponorogo, dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru TIK dalam proses pengembangan nilai-nilai toleransi kepada siswa kelas VII MTs Darul Huda Ponorogo.
Hasil penelitian strategi komunikasi guru dalam megembangkan nilai-nilai toleransi siswa mukim kelas VII MTs Darul Huda adalah strategi komunikasi interpersonal, strategi komunikasi kelompok, dan strategi komunikasi publik. Pola komunikasi yang digunakan oleh guru TIK dalam mengembangkan nilai-nilai toleransi siswa adalah pola komunikasi persamaan, dan pola komunikasi seimbang terpisah. Faktor pendukung guru TIK dalam mengembangkan nilai-nilai toleransi siswa mukim adalah adanya kesamaan visi, misi, dan tujuan antara guru TIK dan kepala sekolah, fasilitas-fasilitas yang baik sebagai penunjang dalam penyampaian materi, dan respons positif dari siswa kepada guru TIK, sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu yang digunakan dalam KBM terbatas dan seringnya terjadi gangguan signal jaringan wifi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:26
Last Modified: 18 Nov 2022 08:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21091

Actions (login required)

View Item View Item