Pola Komunikasi Kyai Dengan Santri Dalam Meningkatkan Program Tahfidz Qur'an Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Ponorogo

Kurnianto, Ilfa (2022) Pola Komunikasi Kyai Dengan Santri Dalam Meningkatkan Program Tahfidz Qur'an Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Ponorogo. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
skripsi fix siap upload etheses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kurnianto, Ilfa. 2022. Pola Komunikasi Kyai Dengan Santri Dalam Meningkatkan Program Tahfidz Qur’an Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.ag.
Kata Kunci : Pola Komunikasi, Tahfidz Qur’an, Pondok Pesantren.
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berbasis agama, di pondok pesantren diajarkan tentang ilmu – ilmu agama seperti nahwu, shorof, aqidah akhlak, tauhid, dan ada juga pondok yang mengkhususkan santri untuk menghafal Al-Qur’an. Belakangan ini banyak lembaga institusi yang mencari lulusan dari pondok pesantren, terkhusus yang sudah menghafal Al-Qur’an untuk dijadikan bagian dari institusi tersebut, maka daripada itu banyak sekolah – sekolah umum yang sudah mengajarkan tahfidz pada anak didiknya. Dalam hal ini pondok pesantren lah yang harus mempunyai nilai lebih dalam hal agama untuk membina anak – anak dan remaja agar mencintai Al-Qur’an. Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan merupakan lembaga pendidikan agama yang terletak di Ponorogo Jawa timur yang masih bertahan dalam mengajarkan tahfidz qur’an. Dalam meningkatkan program tahfidz dibutuhkan komunikasi yang bagus antara Kyai dengan santri agar tercipta generasi muda yang berakhlak qur’ani.
Dari paparan tersebut dirumuskan masalah sebagai berikut: pertama, Bagaimana komponen komunikasi Kyai dengan santri dalam meningkatkan progam tahfidz qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. Kedua, Bagaimana bentuk komunikasi Kyai dengan santri dalam meningkatkan program tahfidz qur’an di Pondok Pesantren Tahfdzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. Ketiga, Bagaimana jenis komunikasi Kyai dengan santri dalam meningkatkan program tahfidz qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan field research, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang komponen, bentuk, jenis komunikasi yang digunakan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan hasil berikut : pertama, komponen komunikasi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan adalah Kyai sebagai komunikator, santri sebagai komunikan, pesan yang disampaikan adalah nasihat – nasihat baik, media yang digunakan adalah tongkat kecil untuk pesan noverbal dan buku keterangan prestasi muroja’ah serta media sosial. Kedua, bentuk komunikasi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan adalah bentuk komunikasi interpersonal dan bentuk komunikasi kelompok besar. Ketiga, jenis komunikasi di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan adalah jenis pola roda, dan jenis pola rantai.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:05
Last Modified: 18 Nov 2022 09:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21090

Actions (login required)

View Item View Item