PENCEGAHAN PERGAULAN BEBAS SISWI DI SMK PGRI 1 PONOROGO MELALUI KEGIATAN ROHANI ISLAM

Ningtyas, Lilik Chandra (2022) PENCEGAHAN PERGAULAN BEBAS SISWI DI SMK PGRI 1 PONOROGO MELALUI KEGIATAN ROHANI ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lilik Chandra watermark.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pergaulan adalah bentuk interaksi sosial antara individu dengan individu yang terjadi didalam kehidupan masyarakat. Pergaulan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pembentukan kepribadian dan tingkah laku pada setiap individu. Baik itu pengaruh yang positif maupun pengaruh yang negatif, seperti halnya pergaulan bebas dan salah satu cara pihak sekolah dalam melakukan pencegahan pergaulan remaja yaitu dengan melalui kegiatan rohani Islam yang ada di sekolah, karena selain untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, kegiatan rohani Islam juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk membimbing siswa menuju kearah yang lebih baik.
Masalah dalam penelitian ini akan dirumuskan kedalam tiga rumusan masalah yakni: Pertama, Bagaimana pelaksanaan kegiatan Rohis dalam pencegahan pergaulan bebas pada siswi di SMK PGRI 1 Ponorogo? Kedua, Bagaimana dampak kegiatan rohis bagi siswi di SMK PGRI 1 Ponorogo? Ketiga, Bagaimana hasil pembinaan pencegahan pergaulan bebas siswi di SMK PGRI 1 Ponorogo melalui kegiatan rohis? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan untuk metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan kegiatan rohani Islam di SMK PGRI 1 Ponorogo dalam pencegahan pergaulan bebas siswi ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan secara terprogram. Kegiatan tersebut diantaranya liqo’, tahsin, studi dasar Islam, banjari, khataman Al-Qur’an, Ngaji Pagi dan PHBI. Rohis memberi dampak positif bagi peserta didik untuk menghadapi perkembangan zaman dan mencegah pergaulan bebas. Dengan mengikuti Rohis peserta didik mampu membentengi diri dengan norma-norma yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Pelaksanaan kegiatan Rohis bisa dikatakan memiliki hasil yang baik, terutama dalam mencegah perilaku negatif peserta didik agar terhindar dari pergaulan bebas.

Kata Kunci: Pergaulan bebas, Rohani Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fendi Krisna Rusdiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:25
Last Modified: 18 Nov 2022 08:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21088

Actions (login required)

View Item View Item