..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MI AL-HIKAM GEGER MADIUN

RACHMAYANTI, NUR (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MI AL-HIKAM GEGER MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR RACHMAYANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rachmayanti, Nur. 2022. Efektivitas Penerapan Metode Word Square terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas IV MI Al-Hikam Geger Madiun Tahun Ajaran 2021/2022, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Word Square, Hasil Belajar
Model pembelajaran merupakan salah satu hal penting yang harus dipersiapakan dengan baik oleh guru, karena model pembelajaran digunakan sebagai alat untuk menyampaikan suatu informasi kepada siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV, karena mereka menganggap bahwa pelajaran IPA itu sulit untuk dipahami dan salah satu pembelajaran yang membosankan, sehingga hal ini yang mempengaruhi hasil belajar siswa menurun. Penerapan metode Word Square dapat dijadikan alternatif guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan pembelajaran akan terkesan menarik dan menyenangkan karena terdapat unsur permainan dan metode Word Square siswa dapat mengembangkan kemampuan berfikir siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Penerapan metode Word Square dalam pembelajaran IPA kelas IV MI Al-Hikam Geger Madiun. (2) Mengetahui efektivitas penerapan metode Word Square terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IV MI Al-Hikam Geger Madiun.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimen Design (nondesign) dengan desain penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 26 Siswa di kelas IVb. Teknik pengumpulan data pemahaman belajar menggunakan tes esai dan angket. Teknik tes yang digunakan adalah Pretest-Posttest. Pretest untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan metode Word Square. Dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan metode Word Square.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) ) Penerapan metode Word Square dengan menggunakan jawaban secara acak. (a) Siswa akan mendapatkan soal (b) setelah mendapatkan soal siswa memikirkan jawaban dari soal yang telah diperolehnya. (c) setelah mengetahui jawabannya siswa mencari pasangan sesuai dengan jawaban yang telah dipegangnya. (2) Terdapat efektivaitas penerapan metode Word Square terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan jumlah rata-rata Pretest 62.00 dan rata-rata posttest 84.43. Hasil Uji Samples Paired T-Test mendapatkan hasil sig (2- Tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Karena Ho ditolak dan Ha diterima maka berarti ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pretest dan Posttest berarti adanya efektivias penerapan metode Word Square terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IV MI Al-Hikam Geger Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WIRAWAN FADLY
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:25
Last Modified: 18 Nov 2022 08:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21087

Actions (login required)

View Item View Item