....(LENGKAPI TTD DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, LEMBAR KEASLIAN DILENGKAPI TTD DAN MATERAI, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN FORM YANG BISA DIUNDUH DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...STRATEGI PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA SABLON DI DIMAS PERCETAKAN DESA SUMOROTO PADA ASPEK PEMASARAN

MIRNAWATI, MIRNAWATI (2022) ....(LENGKAPI TTD DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, LEMBAR KEASLIAN DILENGKAPI TTD DAN MATERAI, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN FORM YANG BISA DIUNDUH DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...STRATEGI PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA SABLON DI DIMAS PERCETAKAN DESA SUMOROTO PADA ASPEK PEMASARAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180246_MIRNAWATI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Mirnawati. Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Sablon di Dimas Percetakan Desa Sumoroto (Studi Kasus pada Aspek Pemasaran). Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muhtadin Amri, M.S.Ak.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pengembangan, Pengelolaan
Industri konveksi sablon kaos adalah salah satu industri kecil dan menengah yang cukup populer di Indonesia. Menurut teori, usaha sablon merupakan usaha yang rutin artinya meskipun tidak setiap saat konsisten jumlah produksi pembuatannya akan tetapi tetap ada yang senantiasa membutuhkan seperti organisasi yang ingin membuat seragam untuk ciri khas atau lambang kekompakan. Misalnya saat akan diadakan pelaksanaan suatu acara, para anggota organisasi akan memesan kaos sablon untuk seragam agar terlihat lebih rapi dan kompak. Dikarenakan begitu banyaknya organisasi dan kelompok yang berdiri di negara ini sangat banyak maka dapat prediksi bahwa usaha sablon bisa bertahan hingga jangka waktu yang panjang. Hal itu tentu harus didukung dengan kemampuan perusahaan dalam memperhatikan strategi pengelolaan dan pengembangan usaha serta bagaimana menjaga loyalitas dan kepercayaan konsumen agar perusahaan bisa berkembang seiring berjalannya waktu. Namun, secara praktis hal tersebut belum berhasil secara maksimal pada usaha dimas percetakan di Desa Sumoroto ini, dimana strategi pengelolaan yang dilakukan tidak berbanding lurus dengan perkembangan usaha.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengelolaan yang dilakukan Dimas Percetakan dalam upaya pengembangan perusahaan. Strategi pengelolaan tersebut meliputi bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini meliputi bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan dan apa kendala yang menghambat usaha Dimas Percetakan dalam pengembangan usaha, serta bagaimana dampak dari strategi pemasaran yang dilakukan selama ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penulis menggunakan analisis data secara induktif dengan metode analisis reduction, data display, dan verification.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa perusahaan Dimas Percetakan menggunakan strategi pemasaran STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) dalam upaya mengembangkan usahanya. Secara umum, Dimas Percetakan Sumoroto sudah menerapkan strategi pemasaran STP sebagaimana mestinya, akan tetapi masih perlu evaluasi untuk lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:07
Last Modified: 18 Nov 2022 08:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21067

Actions (login required)

View Item View Item