Strategi Coping Stress Mahasiswa dalam Menghadapi Kecemasan Karir (Studi Kasus pada Mahasiswa Semester Akhir Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo)

Cahyani, Novia Wahyu Nur (2022) Strategi Coping Stress Mahasiswa dalam Menghadapi Kecemasan Karir (Studi Kasus pada Mahasiswa Semester Akhir Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-THESES NOVIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak mahasiswa yang cemas memikirkan karir di masa depan. Mereka stres menghadapi masalah ini. Stres adalah sebuah keadaan individu yang mengalami ketidakseimbangan antara tuntutan dari lingkungan secara fisik maupun psikologi dengan sumber daya secara biologis, psikologis, dan sistem sosial yang dimilikinya. Maka dalam hal ini Strategi Coping Stress Mahasiswa dalam Menghadapi Kecemasan Karir sangat dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kecemasan karir mahasiswa dan strategi coping stress yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini melibatkan empat subjek mahasiswa semester akhir sesuai karakteristik yang ditentukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian dianalisis dan menunjukkan bahwa mahasiswa semester akhir mengalami kecemasan karir karena khawatir tidak bisa bekerja sesuai bidang yang mereka inginkan, tidak mempunyai kemampuan dalam bidang yang mereka tekuni, dan tekanan orang tua untuk bekerja sesuai bidang yang ditekuninya. Mereka melakukan strategi coping stress untuk menyelesaikan kecemasannya. Strategi coping stress yang dilakukan mahasiswa yaitu dua subjek menggunakan problem focused coping, fokus ke masalah tersebut dan mencoba mencari jalan keluarnya. Berusaha bertanya kepada teman atau konsultasi untuk mencari solusi dari masalahnya. Dua subjek yang lain menggunakan emotional focused coping, yaitu berfokus pada emosi, mengikuti keinginan. Keinginan untuk mencari sesuatu yang diminatinya dan juga keinginan untuk beristirahat, bersantai, berolahraga untuk menghilangkan kecemasannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:04
Last Modified: 18 Nov 2022 08:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21065

Actions (login required)

View Item View Item