STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM SEKTOR KULINER PASCA PANDEMI COVID-19 DI DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

Muthoharoh, Siti Lu'lu'il Maknun (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM SEKTOR KULINER PASCA PANDEMI COVID-19 DI DESA PARINGAN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180318_Siti Lu'lu'il Maknun M_Ekonomi Syariah.pdf

Download (877kB) | Preview

Abstract

Muthoharoh, Siti Lu’lu’il Maknun. Strategi Pengembangan UMKM Sektor Kuliner Pasca Pandemi Covid-19 Di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M.M.

Kata kunci: Strategi Pengembangan, UMKM, Covid-19.

Strategi pengembangan UMKM merupakan suatu proses atau cara yang dilakukan dengan tujuan untuk memajukan usaha mikro, kecil dan menengah menggunakan suatu alat atau cara yang baru. Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada UMKM sektor kuliner yang berakibat menurunnya penjualan serta pendapatan para pelaku UMKM, sehingga di perlukannya strategi pengembangan untuk memajukan dan meningkatkan kembali UMKM yang terdampak.

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Covid-19, strategi pengembangan serta dampak dari strategi pengembangan terhadap UMKM sektor kuliner yang berada di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terhadap para pemilik UMKM serta kepala desa Paringan sebagai narasumbernnya.

Berdasarkan hasil dari penelitian dilapangan, dapat disimpulkan bahwasannya kondisi UMKM sektor kuliner di Desa Paringan mengenai kendala UMKM yaitu, modal, SDM, Akuntabilitas, iklim usaha, infrastruktur dan akses. Strategi pengembangan UMKM sektor kuliner pasca pandemi Covid-19 di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo terdapat beberapa tahapan yang sudah sesuai serta sudah terlaksana dengan baik dan ada juga yang belum terlaksana atau belum sesuai dengan baik. Beberapa tahapan yang sudah terlaksana yaitu: iklim usaha, kemitraan, pelatihan, mengembangkan promosi dan mengembangkan kerjasama yang setara. Sedangkan tahapan yang belum sesuai atau belum terlaksana secara baik yaitu bantuan modal, perlindungan usaha, pembentukan lembaga khusus dan memantapkan asosiasi. Dampak strategi pengembangan usaha UMKM sektor kuliner pasca pandemi Covid-19 di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo yaitu Dampak sosial yang dihasilkan ialah menambah wawasan para pelaku UMKM, menciptakan lapangan kerja baru, pemanfaatan potensi desa serta menambah kesejahteraan warga. Sedangkan dampak ekonomi yang dihasilkan ialah meningkatkan pendapatan UMKM serta menambah inovasi produk UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:53
Last Modified: 18 Nov 2022 07:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21058

Actions (login required)

View Item View Item