ANALISIS PERILAKU KONSUMSI SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR SIMAN PONOROGO

Handayani, Zulfia (2022) ANALISIS PERILAKU KONSUMSI SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR SIMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
401180133_ZULFIA HANDAYANI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Handayani, Zulfia, Analisis Perilaku Konsumsi Santriwati Di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo. Skripsi.2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M.M.
Kata Kunci: Perilaku Konsumsi, Santriwati, di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar.
Konsumsi adalah kegiatan menggunakan memakai, memakan atau menghabiskan barang atau jasa. Islam memberikan aturan tentang konsumsi bukan berarti Islam melarang umatnya untuk menikmati rezeki yang diberikan Allah SWT, tetapi Islam mengaturnya agar kegiatan konsumsi dapat mencapai maslahah yang bisa dirasakan seluruh umat manusia baik di dunia dan juga di akhirat.Pondok pesantren merupakan lembaga yang menanamkan nilai-nilai Islam dalam beragaman dan kehidupan yang kesederhanaan. Akan tetapi, karena adanya perubahan zaman mengakibatkan santri untuk melakukan kegiatan konsumsi tanpa mempertimbangkan antara kebutuhan dan keinginan. Hal tersebut berbanding terbalik antara praktik dengan teori konsumsi persperkti ekonomi Islam. Melihat adanya perilaku konsumsi seperti cara santriwati dalam memutuskan barang yang akan digunakan dan yang dikonsumsi.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis aspek perilaku konsumsi santriwati, menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi santriwati. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian dilakukan pada santriwati di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa munculnya pola konsumsi santriwati Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo adanya ketidak sesuian antara praktik dengan teori yang ada. Dapat dilihat dari segi kebutuhan harian santriwati yang lebih mengutamakan keinginan membeli makanan dan jajan yang ada diluar pondok. Serta dalam pengeluaran harian lebih mengutamakan keinginan oleh karena itu menimbulkan konsumsi yang berlebih dan menyalahi aturan syariat yang ada. Sedangkan faktor yang melatar belakangi perilaku tersebut adalah faktor ekonomi, faktor non ekonomi meliputi faktor eksternal dan internal yang diantaranya faktor internal faktor usia, faktor gaya hidup, faktor motivasi, faktor persepsi, dan faktor eksternal yang mempengaruhi di antaranya kelompok acuan dan lingkungan pondok sendiri. Sedangkan untuk mengatasi perilaku konsumtif santriwati adalah dengan mempertegas peraturan agar santriwati menghindari hidup yang boros.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:43
Last Modified: 18 Nov 2022 07:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21048

Actions (login required)

View Item View Item