KOMUNIKASI BUDAYA AKOMODATIF PADA MAHASISWA LUAR JAWA DENGAN MAHASISWA PONOROGO DI FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB, DAN DAKWAH IAIN PONOROGO

Soraya, Risfana Ade (2022) KOMUNIKASI BUDAYA AKOMODATIF PADA MAHASISWA LUAR JAWA DENGAN MAHASISWA PONOROGO DI FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB, DAN DAKWAH IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RISFANA ADE SORAYA SKRIPSI WATERMAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting di masa sekarang ini. banyak orang berbondong bondong untuk mencari ilmu bahkan hingga keluar daerahnya. Ketika seseorang berada di luar daerah mereka akan melakukan adaptasi,dan dalam hal tersebut proses komunikasi merupakan kuncinya.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi budaya akomodatif antara mahasiswa luar Jawa dengan mahasiswa Ponorogo di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Ponorogo serta hambatan apa yang ditemui pada saat melakukan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data analisis Miles dan Huberman, yang meliputi: kegiatan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menyebutkan tiga tahap komunikasi yang dilakukan mahasiswa luar jawa dan ponorogo, dimulai dari interaktif atau komunikasi dalam tahap rendah,transaksional yang mana trrjadi pertukaran informasi secara terus menerus dan dinamis. Dan dalam proses komunikasi kedua mahasiswa menggunakan komunikasi akomodatif berupa konvergensi dimana kedua mahasiswa tidak saling menunjukan perbedaan yang ada namun antar keduanya mencari kesamaan yang dapat menimbulkan komunikasi yang nyaman dan membuatnya semakin terbuka dalam berkomunikasi. Dalam proses komunikasi hambatan yang ditemui lebih ke hambatan bahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:41
Last Modified: 18 Nov 2022 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21039

Actions (login required)

View Item View Item