Efektivitas Komunikasi Electronic Word of Mouth (e-WOM) di Instagram @Sea_Coff Untuk Meningkatkan Penjualan

Anggraini, Ajeng Arsyta Asri Mutia (2022) Efektivitas Komunikasi Electronic Word of Mouth (e-WOM) di Instagram @Sea_Coff Untuk Meningkatkan Penjualan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ajeng Arsyta Asri Mutia Anggraini KPI (211017088).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Instagram masih menjadi media sosial yang populer hingga saat ini. Melalui Instagram, pengguna dapat membagikan pengalamannya, bertukar komentar, berinteraksi dengan orang lain. Dari sini lah Instagram menjadi salah satu sumber referensi pengguna sebelum menentukan membeli produk atau menggunakan jasa sebuah perusahaan. Dengan cara si calon customer atau client cukup melihat postingan, komentar maupun review yang memberikan tag kepada akun instagram perusahaan. Hal ini dimanfaatkan oleh Sea Coff di Instagramnya untuk memanfaatkan electronic word of mouth atau pesan mulut ke mulut melalui media elektronik.
Penelitian ini mengidentifikasi apa alasan Sea Coff menggunakan electronic word of mouth (e-WOM) dalam menarik pelanggan, mendeskripsikan bagaimana proses komunikasi electronic word of mouth yang diterapkan di instagram Sea Coff, apa saja pendukung dan penghambat yang mempengaruhi Sea Coff dalam proses electronic word of mouth, dan menganalisa efektivtas hasil penerapan dari model komunikasi electronic word of mouth di instagram Sea Coff pada jumlah pengunjung Sea Coff. Penelitian ini menggunakan teori model komunikasi Westley and MacLean untuk mendeskripsikan pelaksaan model komunikasi electronic word of mouth yang diterapkan di Instagram @sea_coff dan teori bauran pemasaran 7P untuk mengetahui upaya Sea Coff dalam menarik pengunjung datang langsung ke Sea Coff. Peneliti juga menggunakan metodologi kualitatif untuk menjelaskan secara deskriptif alasan Sea Coff mengunakan electronic word of mouth dalam menarik pelanggan, mendeskripsikan proses komunikasi electronic word of mouth yang diterapkan di instagram @sea_coff, mendeskripsikan pendukung dan hambatan yang mempengaruhi Sea Coff dalam proses electronic word of mouth, dan menganalisa hasil penerapan electronic word of mouth di instagram @sea_coff pada jumlah pengunjung Sea Coff. Penelitian ini melalui beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan file research.
Hasil peneltian ini, peneliti menyimpulkan bahwa menggunakan electronic word of mouth (e-WOM) di instagram adalah lebih efisien untuk diakses karena sudah banyak yang memakai instagram, sebagai marketing gratis karena testimonial datang sendiri, instagram sebagai media untuk memberikan gambaran visual produk, juga sangat berpotensi untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan cepat untuk mendatangkan pengunjung baru. Kemudian tahapan proses komunikasi electronic word of mouth di instagram @sea_coff yaitu owner memposting hal-hal mengenai Sea Coff di instagram lalu calon pengunjung yang mengakses instagram @sea_coff dapat melihat visual mengenai Sea Coff melalui konten yang di unggah instagram @sea_coff dan penasaran lalu datang ke Sea Coff disitulah terjadi umpan balik. Untuk menarik pengunjung agar datang langsung ke Sea Coff, Sea Coff menerapkan bauran pemasaran 7P. Hasil efektivitas penerapan dari model komunikasi e-WOM di instagram yaitu terdapat jumlah pengunjung dan penjualan yang meningkat sangat signifikan ditandai dengan naik nya penjualan lebih dari 20.000 items.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:34
Last Modified: 18 Nov 2022 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21036

Actions (login required)

View Item View Item