Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Kelas VII dan VIII SMP Negeri 5 Ngawi

Afifah, Binta Eka Alpuri (2022) Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Kelas VII dan VIII SMP Negeri 5 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESIS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Afifah, Binta Eka Alpuri. 2022. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Kelas VII dan VIII SMP Negeri 5 Ngawi. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah. Pembimbing Fendi Krisna Rusdiana, M.Psi

Kata Kunci : Teman Sebaya, Perilaku Menyimpang dan Siswa
Masa remaja merupakan hal yang sangat penting dalam proses penyesuaian diri remaja. Masa yang paling sulit dan masa yang rawan dalam tugas perkembangan manusia. Pada saat remaja masa transisi dari masa kekanak-kanakan menuju masa dewasa. Untuk menemukan jati dirinya menyebabkan remaja seringkali melesepaskan diri dari orangtuanya dan mengarahkan perhatian kepada lingkungan luar dan cenderung lebih senang bergabung dengan kelompok teman sebayanya daripada orangtuanya. Dalam hubungan teman sebaya yang kuat akan membentuk kesehatan mental yang positif, begitupun juga sebaliknya.
Berdasarkan latar belakang diatas tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Bagaimana tingkat pengaruh teman sebaya 2) Bagaimana tingkat perilaku menyimpang 3) Adakah pengaruh teman sebaya terhadap perilaku menyimpang siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 5 Ngawi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 5 Ngawi dengan jumlah 863 siswa. Teknik sampling yang digunakan Proportinate Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 128 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi, uji statistik dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengaruh teman sebaya dalam kategori sedang dengan jumlah 90 siswa (70%). Tingkat perilaku menyimpang siswa dalam kategori sedang dengan jumlah 94 siswa (73%) dan hasil penelitian ini terdapat pengaruh teman sebaya terhadap perilaku menyimpang siswa kelas VII dan VIII hal ini didapatkan dari output SPSS nilai koefisien determinasi pengaruh teman sebaya terhadap perilaku menyimpang dengan hasil 40,4%, sedangkan sisanya 59,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil analisis data tersebut maka hipotesis (Hа) diterima yaitu ada pengaruh teman sebaya (peer group) terhadap perilaku menyimpang siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 5 Ngawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fendi Krisna Rusdiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:33
Last Modified: 18 Nov 2022 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21034

Actions (login required)

View Item View Item