Strategi Pengembangan Kompetensi Pengrajin Batik Song Song (Studi Pada Rumah Produksi Desa Sewulan Dagangan Madiun)

Indahsari, Dwi Septiyani (2022) Strategi Pengembangan Kompetensi Pengrajin Batik Song Song (Studi Pada Rumah Produksi Desa Sewulan Dagangan Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180186_DWI SEPTIYANI I_Ekonomi Syariah.pdf

Download (888kB) | Preview

Abstract

Indahsari, Dwi Septiyani. Strategi Pengembangan Kompetensi Pengrajin Batik Song Song (Studi Pada Rumah Produksi Desa Sewulan Dagangan Madiun). Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M.M.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Kompetensi.
Minimnya kompetensi yang dimiliki oleh pengrajin Batik Song Song padahal dari desa setempat sudah memberikan fasilitas pelatihan seperti pembuatan pola, proses canting sampai proses pewarnaan kain batik, namun para pengrajin tersebut kurang bisa memaksimalkan pelatihan yang telah di berikan sehingga hal ini dapat menyebabkan hasil produksi yang belum memenuhi target penjualan. Maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah pertama Bagaimana kompetensi pengrajin Batik Song Song Desa Sewulan Dagangan Madiun. Kedua, Bagaimana strategi yang dilakukan dalam pengembangan kompetensi Pengrajin Batik Song Song Desa Sewulan Dagangan Madiun. Ketiga, Bagaimana dampak penerapan strategi pengembangan kompetensi pengrajin Batik Song Song Desa Sewulan Dagangan Madiun.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pengrajin pada Batik Song Song Desa Sewulan Dagangan Madiun, untuk mengetahui strategi yang dilakukan dalam pengembangan kompetensi pengrajin Batik Song Song Desa Sewulan Dagangan Madiun, untuk mengetahui dampak penerapan strategi pengembangan kompetensi pengrajin Batik Song Song Desa Sewulan Dagangan Madiun. Riset ini termasuk pada penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan berlangsung di Rumah Produksi Batik Song Song yang terletak Desa Sewulan Dagangan Madiun dengan teknik penghimpunan data berupa wawancara. Untuk menganalisis data menggunakan teori dimensi pengukuran kompetensi dan strategi pengembangan kompetensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pengrajin Batik Song Song Desa Sewulan Dagangan Madiun ada yang sudah dan ada yang belum memenuhi tiga dimensi pengukur kompetensi. Strategi Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) juga kurang baik karena belum melaksanakan lima strategi pengembangan manusia. Dampak penerapan pengembangan kompetensi memiliki dampak positif bagi para pengrajin yaitu bisa lebih mengenal dan membuat batik serta menambah keterampilan dan juga pengetahuan pengrajin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:32
Last Modified: 18 Nov 2022 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21031

Actions (login required)

View Item View Item