Strategi Pengembangan Usaha Pakan Kelinci Untuk Meningkatkan Pendapatan

Rozikin, Ahmad Zainur (2022) Strategi Pengembangan Usaha Pakan Kelinci Untuk Meningkatkan Pendapatan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi 1-5 jainur up to etheses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rozikin, Ahmad Zainur. Strategi Pengembangan Usaha dalam Meningkatkan
Pendapatan pada pabrik pakan kelinci Kijen Star Reog
Ponorogo.Skripsi.2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis Islam, Institute Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing :Dwi
Setya Nugrahini, M.Pd.
Kata kunci: Strategi, Pengembangan Usaha, Pendapatan.
Dalam mengembangkan usaha yang perlu diperhatikan adalah
strategi khusus apa yang digunakan dalam mengembangkan usaha. Jika
ditinjau dari jenis pengembagannya, maka bisa dibagi menjadi beberapa
strategi, yaitu: mengembangkan pasar dari sisi produknya,
mengembangkan pasar dari sistem penjualan, mengembangkan sistem
jaringan pemasaran dengan pihak lain, mengembangkan pasar dengan
menggabungkan bisnis dalam satu industri, dan mengembangkan pasar
dengan sinergisme.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi
pengembangan usaha yang dilakukan UMKM Kijen Star Reog
Ponorogo.Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriftif.
Hasil penelitian ini ialah penerapan strategi pengembangan usaha
pabrik pakan kelinci Kijen Star Reog Ponorogo yang sudah diterapkan
dengan baik adalah strategi integrasi atau penyatuan dan strategi
sinergisme.Usaha tersebut sudah bekerjasama dengan pihak pihak terkait
dengan tujuan menunjang kesuksesan bersama.Selain itu strategi
mengembangkan pasar darisisi produknya dan mengembangkan pasar dari
sisi penjualannya belum sempurna dan baik. Selain itu, faktor pendukung
dan penghambat strategi pengembangan usaha pakan kelinci Kijen Star
Reog Ponorogo diantaranya faktor pendukung dalam mengembangkan
usaha ialah mempunyai sumber daya manusia yang bagus, melakukan
perencanaan yang baik, faktor organisasi yang baik, faktor pengelolaan
usaha yang baik, dan penjualan hasil produksi yang sempurna.Selain itu,
faktor penghambat dalam mengembangan usaha ialah tidak membuat
perencanaan secara tertulis, penentuan lokasi yang tidak tepat, tidak
melakukan riset dan analisa pasar, dan tidak mempunyai sikap kreatif dan
tidak memiliki inovasi terhadap produknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:32
Last Modified: 18 Nov 2022 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21030

Actions (login required)

View Item View Item