Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Visual Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 2 Tulung Sampung Ponorogo

Maulida, Maya (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Visual Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 2 Tulung Sampung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180195 MAYA ZAHROTUL MAULIDA PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Zahrotul Maulida, Maya. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Visual Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 2 Tulung Sampung Ponororgo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, TGT, IPS
Hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur dalam sebuah pembelajaran namun, pelajaran IPS cenderung tidak konsisten. Hal itu disebabkan karena pelajaran IPS dianggap sangat sulit, banyak hafalan, dan materinya terlalu banyak sehingga membuat siswa bosan ditambah lagi dengan cara penyampaian guru yang kurang menarik akibatnya hasil belajar siswa sangat rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti akan menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media visual diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS, karena dalam penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media visual, siswa akan ditempatkan dalam kelompok - kelompok kecil untuk berdiskusi dan melakukan permainan yang bertujuan agar siswa berinteraksi dan aktif dalam pembelajaran serta siswa akan dibantu dengan media visual dalam penyajian materi sehingga siswa lebih mudah memahami materi dan hasil belajar IPS dapat meningkat.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran cooperative tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media visual dalam menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN 2 Tulung, (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran cooperative Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media visual kelas V di SDN 2 Tulung, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
penelitian ini disusun menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 2 Tulung Sampung Ponorogo yang berjumlah 12 siswa.
Hasil dari penelitian model pembelajaran kooperatif tipe teams group tournament (TGT) berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Tulung pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis kegiatan ekonomi di Indonesia. Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis kegiatan ekonomi di Indonesia dapat ditunjukkan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa hasil tes yang mendapatakan nilai lebih dari 70 pada siklus I sebesar 66,67% siswa yang tuntas, pada siklus II sebesar 75% siswa yang tuntas, pada siklus III sebesar 100% seluruh siswa tuntas. Selain hasil belajar siswa aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada aktivitas guru siklus I mendapat presentase sebesar 80%, siklus II sebesar 82,72%, dan siklus III sebesar 93,63%. Adapun pada aktivitas siswa yaitu siklus I mendapat presentase sebesar 70,9%, siklus II sebesar 77,28%, dan siklus III sebesar 86,37%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:28
Last Modified: 18 Nov 2022 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21024

Actions (login required)

View Item View Item